Daftar Jurusan Kuliah yang Didominasi oleh Pria, Gaji Tinggi dan Karier Menjanjikan

Kamis, 06 April 2023 - 17:21 WIB
loading...
Daftar Jurusan Kuliah yang Didominasi oleh Pria, Gaji Tinggi dan Karier Menjanjikan
Teknik Pertambangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Daftar jurusan kuliah yang didominasi oleh pria sangat menarik untuk dibahas. Sebab, jurusan-jurusan tersebut dikenal sulit dan sangat identik dengan pria, sehingga sukar dijalankan oleh wanita.

Berdasarkan hasil penelusuran tim Litbang MPI, berikut daftarnya.

1. Teknik Mesin

Teknik mesin adalah salah satu bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk desain, manufaktur, pemeliharaan sistem sistemik, dan analisis. Jurusan ini terkenal didominasi oleh laki-laki.

Menurut data yang ada di penelitian berjudul Rasionalitas Mahasiswi dalam Memilih Jurusan Teknik Mesin di Universitas Riau (JOM Fisip, 2017), jumlah mahasiswa teknik mesin di kampus tersebut adalah 257 orang sepanjang tahun 2013 hingga 2015.



Sementara itu, mahasiswi yang terdaftar dalam jurusan teknik mesin Universitas Riau hanya 7 orang dalam periode yang sama. Kondisi serupa juga terjadi di universitas lain yang memiliki jurusan teknik mesin, di mana wanita menjadi kaum minoritas.

2. Teknik Pertambangan

Jurusan kuliah lain yang juga didominasi oleh pria adalah teknik pertambangan. Melansir laman Teknik Pertambangan Universitas Mulawarman, jumlah mahasiswi pada tahun 2014-2021 adalah 94 orang, sementara mahasiswanya berjumlah 239 orang. Jumlah tersebut jelas menggambarkan bahwa teknik pertambangan lebih diminati oleh pria.

Terkenal sebagai jurusan kuliah sulit, teknik pertambangan mempelajari proses penambangan mineral dan batubara. Meskipun terkenal akan kesulitannya, namun lulusan teknik pertambangan mempunyai prospek kerja yang sangat luas dan tentunya menjanjikan dengan gaji selangit.



Lulusan teknik pertambangan bisa bekerja di industri pertambangan asing, dalam negeri, hingga institusi pemerintahan. Selain itu, bisa pula berkarier sebagai dosen, peneliti, dan teknisi pertambangan.

3. Teknik Kimia

Selanjutnya, ada jurusan teknik kimia yang banyak diisi oleh pria. Dalam data yang dipublikasi oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang, jumlah peserta didik pada tahun 2016/2017 adalah 48 orang yang terdiri dari 31 mahasiswa dan 17 mahasiswi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)