4 Jalur Pendaftaran PPDB 2023 dan Kuotanya, Baca Infonya di Sini

Jum'at, 07 April 2023 - 12:19 WIB
loading...
4 Jalur Pendaftaran PPDB 2023 dan Kuotanya, Baca Infonya di Sini
4 jalur pendaftaran PPDB 2023 dan kuota di masing-masing jalur. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) 2023 akan terbagi empat jalur dengan perbedaan kuota di masing-masing jalurnya. Berikut ini informasinya.

Ketentuan dan norma mengenai PPDB termuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No 1 Tahun 2021. Permendikbud ini juga memuat 4 jalur pendaftaran untuk PPDB Tahun Ajaran 2023-2024.

Dikutip dari Instagram Dirjen PAUD Dikdasmen, Permendikbud tersebut memberikan norma dan kewenangan kepada pemerintah daerah dalam mengatur dan melaksanakan PPDB sesuai dengan kondisi dan daerahnya masing-masing.

4 jalur pendaftaran PPDB yang dibuka ini diharap memberi kesempatan yang adil kepada seluruh calon siswa untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dari domisili calon siswa.

Keempat jalur pendaftaran PPDB ini juga dimaksudkan untuk mendorong kerja sama antar sekolah , keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan layanan pendidikan berkualitas bagi peserta didik.

Baca juga: Ini Perbedaan Lulusan SMA dan SMK yang Perlu Kalian Ketahui

1. Zonasi


PPDB zonasi ini diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah.

SMP: Paling sedikit 50% dari daya tampung sekolah

SMA: Paling sedikit 50% dari daya tampung sekolah

2. Afirmasi


Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas. Kuotanya paling sedikit 15% dari daya tampung sekolah.

Baca juga: Asah Skill dan Kepemimpinan, 3 Siswa SMA di Manokwari Ikut Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

3. Perpindahan Tugas Orang Tua


Jalur ini memerlukan dokumen pendukung berupa surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang mempekerjakan. Kuotanya paling banyak 5% dari daya tampung sekolah.

4. Prestasi


Jika masih ada sisa kuota dari 3 jalur tadi, pemerintah daerah dapat membuka Jalur Prestasi. Ketentuannya berdasarkan rapor yang dilampirkan surat keterangan peringkat inlai rapor peserta didik dari sekolah asal, dan/atau prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Informasi selengkapnya mengenai PPDB bisa dicek di Permendikbud No 1/2021 yang mengatur mengenai persyaratan, jalur pendaftaran, tahapan pelaksanaan, pendataan ulang dan pemutakhiran data, hingga pembinaan dan pengawasan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2759 seconds (0.1#10.140)