10 PTN Terbaik dengan Biaya Kuliah Termurah, Ada UI, Unsoed, Unpad, dan Undip

Jum'at, 07 April 2023 - 23:29 WIB
loading...
10 PTN Terbaik dengan Biaya Kuliah Termurah, Ada UI, Unsoed, Unpad, dan Undip
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri ( PTN ) biasanya akan mempertimbangkan jurusan dan universitas yang sesuai dengan minatnya.

Di samping kedua hal itu, besaran Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) juga menjadi bahan pertimbangan para calon mahasiswa dalam menentukan pilihan perguruan tinggi yang akan diambil.



UKT merupakan jumlah besaran nilai yang harus dibayar mahasiswa setiap semesternya. Kebijakan mengenai jumlah UKT setiap mahasiswa pun berbeda-beda, tergantung kemampuan ekonomi orang tua dari mahasiswa dan pertimbangan lain yang ditentukan PTN.

Biasanya, UKT akan berbeda bagi masing-masing mahasiswa tergantung jalur masuknya. Contoh, biaya kuliah berupa UKT akan beda antara Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri.

Secara umum, PTN di Indonesia mematok UKT golongan 1 mulai dari Rp0 hingga Rp500 ribu untuk masing-masing program studi. UKT termahal biasanya mencapai Rp7 juta bahkan untuk jurusan berbiaya tinggi seperti Fakultas Kedokteran, UKT bisa mencapai Rp25 juta per semester.



Jadi, mana PTN yang punya biaya kuliah termurah? Berdasarkan hasil penelusuran tim SINDOnews, berikut deretan universitas negeri PTN dengan biaya kuliah termurah.

PTN dengan Biaya Kuliah Termurah:


1. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sebagai universitas negeri dengan biaya termurah.

Unsoed mempunyai 12 fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Ilmu Budaya, dan masih banyak lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)