10 Rekomendasi Universitas Terbaik di Kamboja, Rata-rata Berlokasi di Phnom Penh

Sabtu, 08 April 2023 - 18:36 WIB
loading...
10 Rekomendasi Universitas Terbaik di Kamboja, Rata-rata Berlokasi di Phnom Penh
10 rekomendasi universitas terbaik di Kamboja. Royal University of Phnom Penh salah satunya. Foto/YouTube Royal University of Phnom Penh.
A A A
JAKARTA - Jika ingin kuliah di luar negeri , Kamboja bisa menjadi salah satu negara yang dapat dijadikan opsi. Faktor utama yang bisa menjadikannya sebagai tempat yang ideal adalah karena tingkat pendidikannya dapat dikatakan melaju dengan pesat.

Peringkat dari universitas-universitas yang ada di Kamboja dipastikan terus meningkat setiap tahunnya. Selain peringkat, biaya kuliah di negara yang satu ini juga bisa dibilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan negara Asean lainnya.

Terlebih beberapa perguruan tinggi di Kamboja ini juga telah menyediakan berbagai beasiswa dan kesempatan magang ataupun kerja bagi para mahasiswa internasional. Lantas, universitas apa saja yang terbaik di Kamboja ? Simak ulasan dibawah ini.

Universitas Terbaik di Kamboja


Berikut ini sepuluh rekomendasi universitas terbaik yang ada di negara Kamboja :

1. Royal University of Phnom Penh


Berdiri pada tahun 1960, Royal University of Phnom Penh saat ini telah menduduki peringkat 1 perguruan tinggi terbaik di Kamboja. Sesuai dengan namanya universitas ini berada di kawasan perkotaan kota metropolitan Phnom Penh.

Baca juga: Sekolah Kedinasan 2023, Apakah PKN STAN Memberi Uang Saku dan Asrama?

Seperti perguruan tinggi terbaik pada umumnya, Royal University of Phnom Penh juga telah menawarkan program pendidikan yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi secara resmi seperti gelar sarjana, magister, gelar doktor di beberapa bidang studi.

2. Institute of Technology of Cambodia

Didirikan pada tahun 1964, Institute of Technology of Cambodia telah diakui secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga sebagai lembaga pendidikan tinggi koedukasi atau pendidikan bersama di Kamboja.

Meski menyandang gelar perguruan tinggi terbaik, Institute of Technology of Cambodia hanya menawarkan program pendidikan kursus untuk sarjana atau S1 di beberapa bidang studi.

3. University of Puthisastra

Meski umurnya yang tergolong muda, University of Puthisastra telah menawarkan program pendidikan yang mengarah di beberapa gelar pendidikan seperti gelar pra-sarjana (yaitu sertifikat, diploma, asosiasi atau yayasan), gelar sarjana serta gelar master di beberapa bidang studi.

Selain itu, kampus yang berlokasi di kawasan perkotaan kota metropolis Phnom Penh juga menyediakan fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa termasuk perpustakaan, fasilitas olah raga, bantuan keuangan dan/atau beasiswa.

4. Pannasastra University of Cambodia


Didirikan pada tahun 2000, Pannasastra University of Cambodia kini diketahui telah mempunyai kampus cabang yang berlokasi di Battambang, Siem Reap.

Pannasastra University of Cambodia atau PUC hingga saat ini dikenal sebagai kampus yang sangat selektif dalam pemilihan mahasiswa barunya. Setiap tahunnya, mahasiswa yang berasal dari pelamar internasional hanya diterima sebanyak 30-40% pelamar saja.

5. Royal Academy of Cambodia

Didirikan pada tahun 1965, Royal Academy of Cambodia juga termasuk dalam daftar kampus terbaik di Kamboja. Kampus yang berada di kota metropolis Phnom Penh ini telah menyediakan program pendidikan yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi di beberapa bidang studi.

6. Build Bright University

Build Bright University telah didirikan pada tahun 2000 di kawasan perkotaan kota metropolis Phnom Penh. Kampus yang satu ini tergolong lengkap karena telah menyediakan berbagai pendidikan seperti pra-sarjana hingga meraih gelar doktor dari beberapa disiplin ilmu.

Baca juga: 15 PTS Terbaik di Indonesia Berdasarkan EduRank 2023, Ada Kampusmu?

Kampus ini tergolong selektif dalam menerima mahasiswa barunya. Selain perolehan nilai terakhir di jenjang SMA, para mahasiswa baru juga dipertimbangkan sikap dan perilaku pada pendidikan sebelumnya.

7. The University of Cambodia


Sama seperti universitas terbaik sebelumnya, The University of Cambodia juga menyediakan berbagai pendidikan seperti pra-sarjana hingga meraih gelar doktor dari beberapa bidang ilmu.

Didirikan pada tahun 2003, kampus yang satu ini juga telah menyediakan berbagai fasilitas pelayanan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa termasuk perpustakaan, fasilitas olahraga, bantuan keuangan dan/atau beasiswa serta kesempatan belajar di luar negeri dan program pertukaran serta peluang pembelajaran jarak jauh.

8. Cambodian Mekong University

Berdiri pada tahun 2003, Cambodian Mekong University kini telah diakui secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kamboja. Universitas ini juga menyediakan program pendidikan yang lengkap mulai dari program pra-sarjana hingga meraih gelar doktor.

9. Royal University of Agriculture


Berdiri pada tahun 1964, Royal University of Agriculture telah diakui secara resmi oleh Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Kamboja sebagai kampus koedukasi yang cukup kecil.

Oleh karenanya, kampus yang berada di kawasan perkotaan kota metropolis Phnom Penh hanya menawarkan sedikit program pendidikan untuk mahasiswa barunya.

10. Université des Sciences de la Sante

Université des Sciences de la Sante merupakan kampus yang terbilang sangat tua di Kamboja. Kampus ini merupakan lembaga pendidikan tinggi nirlaba yang menawarkan berbagai jenjang pendidikan mulai dari peraihan gelar sarjana terapan hingga doktor dari beberapa bidang ilmu.

Sebagai informasi, Université des Sciences de la Sante menjadi kampus yang paling selektif di Kamboja. Kampus ini hanya menerima 20-30% pendaftar dari penerimaan mahasiswa barunya.

Sekian daftar 10 universitas terbaik di Kamboja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)