Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Jurusan IPA yang Sulit Diambil oleh Lulusan IPS

Minggu, 09 April 2023 - 21:57 WIB
loading...
Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Jurusan IPA yang Sulit Diambil oleh Lulusan IPS
Jurusan Farmasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan IPA menjadi pilihan favorit untuk para calon mahasiwa meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Salah satunya, jurusan IPA memiliki prospek kerja menjanjikan.

Diketahui, terdapat jurusan IPA yang bakal sulit untuk diambil lulusan IPS . Hal ini karena diperlukan pemahaman lebih terkait ilmu eksakta di SMA. Sebab, jurusan IPA identik dengan dunia hitung menghitung.



Berikut jurusan IPA yang bakal sulit untuk diambil lulusan IPS:


1. Kedokteran

Kedokteran merupakan salah satu jurusan favorit. Setiap tahunnya, jurusan ini banyak diminati oleh calon mahasiwa yang mendaftar. Dibutuhkan proses dan cara yang tidak mudah untuk mengenyam pendidikan di jurusan kedokteran.

Berdasarkan Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia oleh Konsil Kedokteran Indonesia Tahun 2019, seleksi calon mahasiwa jurusan kedokteran hanya dapat diikuti oleh lulusan SMA yang sederajat dengan jurusan IPA.


2. Farmasi

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari pembuatan obat dari bahan alam hingga sintetik yang cocok serta nyaman guna didistribusikan, digunakan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit.

Mereka yang berprofesi di bidang farmasi merupakan seorang ahli obat yang menguasai ilmu serta pengetahuan terkait obat dari segala aspeknya.

Lulusan IPS dinilai sulit untuk masuk ke jurusan farmasi lantaran perlu memahami lebih mendalam terkait ilmu eksakta yang dipelajari di sekolah menengah atas (SMA).

3. Teknik

Sama halnya seperti jurusan kedokteran dan farmasi, jurusan teknik akan sulit untuk diambil lulusan IPS. Hal ini karena jurusan teknik banyak mempelajari ilmu eksakta di SMA, yang tidak dipelajari oleh anak IPS.

Jurusan teknik kimia, teknik lingkungan, teknik industri, teknik mesin, teknik elektro hingga teknik perminyakan menjadi jurusan favorit para calon mahasiswa untuk menapaki dunia perkuliahan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8107 seconds (0.1#10.140)