Jurusan Kuliah IPA yang Paling Mudah Dapat Kerja dengan Gaji Besar dan Karier Menjanjikan

Minggu, 09 April 2023 - 10:50 WIB
loading...
Jurusan Kuliah IPA yang Paling Mudah Dapat Kerja dengan Gaji Besar dan Karier Menjanjikan
Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Foto/Dok/Unusa
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa yang akan menempuh jenjang pendidikan tinggi di perguruan tinggi harus memikirkan dengan cermat dan matang jurusan kuliah apa yang akan mereka pilih.

Selain memikirkan apakah jurusan tersebut sesuai dengan kemampuan dan kemauan, hal lain yang perlu dipikirkan dengan matang adalah prospek kerja pascalulus pada jurusan yang diambil.



Mengetahui prospek kerja jurusan yang dipilih sama seperti mengetahui peluang pekerjaan yang bisa siswa dapatkan nantinya.

Berikut jurusan kuliah IPA yang mudah mendapatkan kerja:


1. Kedokteran

Jurusan kedokteran memang tidak pernah lengkang oleh waktu, tiap tahunnya jurusan ini memiliki peminat yang cukup tinggi. Contohnya pada Universitas Indonesia, jurusan Pendidikan Dokter memiliki peminat sebanyak 2.861 siswa pada tahun 2022.

Jika dilihat dari lama waktu berkuliah kedokteran, mulai dari kuliah, koas, dan magang, kurang lebih akan memakan waktu 7 tahun untuk mahasiswa kedokteran mendapatkan izin praktik.



Tetapi semua jerih payah mahasiswa akan terbayarkan dengan besarnya upah dan banyaknya peluang kerja sebagai dokter. Alumni lulusan kedokteran bisa bekerja di instansi rumah sakit tertentu atau bahkan membuka praktiknya sendiri.

2. Farmasi

Selain kedokteran, jurusan saintek lain yang mudah mendapatkan pekerjaan adalah jurusan farmasi. Jurusan ini akan sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin masuk ke dunia medis selain menjadi dokter atau perawat.

Mahasiswa farmasi akan berkecimpung dengan aktivitas meracik obat-obatan, meneliti suatu senyawa obat baru, dan mengetahui racikan obat untuk penyembuhan penyakit tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)