4 Prodi FKM dan FIK UI Raih Akreditasi Internasional dari AHPGS Jerman

Selasa, 11 April 2023 - 08:10 WIB
loading...
4 Prodi FKM dan FIK UI Raih Akreditasi Internasional dari AHPGS Jerman
Tiga Prodi FKM dan satu prodi FIK Universitas Indonesia (UI) meraih akreditasi internasional dari AHPGS pada Kamis (16/2/2023). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Tiga program studi (Prodi) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan satu prodi Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) meraih akreditasi internasional dari AHPGS pada Kamis, 16 Februari 2023.

Akreditasi internasional AHPGS atau Akkreditierungsagentur im Bereich Gesundheit and Soziales, Accreditation Agency in Health and Social Sciences, berlaku hingga 30 September 2028.



Hal ini menjadi bukti bahwa universitas yang terletak di Depok, Jawa Barat tersebut terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya untuk memenuhi standar global.

Ketiga program studi FKM UI yang berhasil meraih akreditasi AHPGS adalah Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit.

Sementara itu, prodi dari FIK UI yang mendapatkan akreditasi AHPGS adalah Prodi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Ners. Dekan FIK UI, Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N., mengatakan bahwa terdapat beberapa tahapan yang perlu dilewati untuk memenuhi prasyarat pengakreditasian AHPGS.



Tahapan pertama berupa pendaftaran dan penandatanganan kontrak oleh pihak UI dengan lembaga akreditasi AHPGS. Setelah kontrak ditandatangani, FIK UI menyusun dokumen Self-Evaluation Report (SER).

“Pengakuan ini mendorong para lulusan FIK UI khususnya prodi sarjana ilmu keperawatan dan ners dapat diterima oleh pasar kerja secara global serta menjadi wadah peningkatan kepercayaan masyarakat internasional,” ujar Agus.

Tahapan berikutnya, SER yang telah di-submit melalui proses review dan evaluasi oleh tim AHPGS dan tim expert group yang kemudian AHPGS memberikan pertanyaan yang perlu diklarifikasi dan dijawab oleh prodi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4499 seconds (0.1#10.140)
pixels