Selamat, Unnes Masuk Jajaran Universitas Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023

Selasa, 11 April 2023 - 14:21 WIB
loading...
Selamat, Unnes Masuk Jajaran Universitas Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023
Unnes masuk peringkat ke-11 universitas terbaik di Indonesia versi EduRank 2023. Foto/Unnes.
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkatan kampus di Amerika Serikat, EduRank merilis daftar universitas terbaik di Indonesia pada 2023. Universitas Negeri Semarang ( Unnes ) tahun ini menempati peringkat 11 universitas terbaik nasional.

EduRank membuat pemeringkatan universitas terbaik di dunia berdasarkan tiga kategori yaitu reputasi, kinerja penelitian, dan dampak oleh alumni. Berbasis data 1,24 miliar sitasi dari 44,9 juta publikasi ilmiah terindeks, EduRank membuat perangkingan universitas dalam 13 academic field (bidang akademik) dengan 246 cabang keilmuan.

13 academic field yang dilihat itu terdiri dari Art & Design, Biology, Business, Chemistry, Computer Science, Economics, Engineering, Environmental Science, Liberal Arts & Social Sciences, Mathematics, Medicine, Physics, dan Psychology. Dalam pemeringkatan ini, EduRank juga menambahkan indikator keunggulan non-akademis dan popularitas 187.497 alumni.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Berdasarkan data yang dirilis oleh Edurank, Unnes terus mengalami peningkatan peringkat. Unnes menempati peringkat 11 universitas terbaik di Indonesia. Pada level Asia, Unnes menempati peringkat 457 dan peringkat 1.630 dari 14.131 universitas dunia yang diikuti 183 negara.

Rektor Unnes Prof Dr S Martono menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Unnes masuk dalam jajaran perguruan tinggi terkemuka di Indonesia berdasarkan laporan EduRank ini.

Menurutnya, capaian ini menjadi catatan istimewa dalam awal perjalanan Unnes menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Baca juga: 10 Prodi UNJ Paling Diminati di 2022 dan Daya Tampungnya untuk SNBT 2023

“Alhamdulillah, capaian ini menjadi catatan istimewa sekaligus motivasi bagi Unnes. Kita selalu berkomitment meningkatkan kualitas pendidikan dan kependidikan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya, dikutip dari laman Unnes, Selasa (11/4/2023).

Rektor juga mendorong ke depan, sivitas akademika Unnes agar meningkatkan reputasi, riset, serta menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

“Kita harus terus bersama-sama dalam mengembangkan Unnes menjadi perguruan tinggi kebanggan Jawa Tengah dan Indonesia. Kedepan kita akan terus dorong hingga masuk ke top university,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3601 seconds (0.1#10.140)