10 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Selasa, 11 April 2023 - 13:02 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan
Sedikitnya terdapat 10 jurusan kuliah IPS yang diminati tapi menjanjikan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya terdapat 10 jurusan kuliah IPS yang diminati tapi menjanjikan. Jurusan ini bisa jadi rekomendasi dalam pemilihan program studi .

Jurusan kuliah yang jarang diminati umumnya disebabkan karena prospek kerjanya yang kurang jelas atau nama program studi yang masih asing.

Meskipun memiliki nama yang kurang tenar, beberapa jurusan kuliah ini justru menghadirkan prospek yang bagus bagi para lulusannya.


Daftar 10 Jurusan Kuliah IPS

Berikut ini 10 jurusan kuliah IPS yang jarang diminati namun punya prospek bagus.

1. Manajemen Transportasi

Jurusan yang mempelajari tentang perencanaan, pengoperasian, hingga pemeliharaan berbagai jenis transportasi ini memiliki prospek yang bagus untuk bekerja sebagai manajer transportasi udara, laut, ataupun darat.

Selain itu, alumni manajemen transportasi juga dapat bekerja di biro travel, perencanaan transportasi, hingga konsultan transportasi. Beberapa universitas yang memiliki prodi ini di antaranya, Universitas Negeri Jakarta, Institut Transportasi & Logistik Trisakti, dan ITS.

2. Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengkomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital.

Para lulusannya akan sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi pustakawan di perpustakaan, bekerja di kantor swasta maupun negeri. Perguruan Tinggi ternama yang memiliki jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Padjadjaran.

3. Filsafat

Prodi yang mempelajari tentang permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita ini punya peluang besar untuk diterima sebagai dosen filsafat nantinya. Selain itu, dapat juga bekerja menjadi pengamat politik, psikoterapis, dan jurnalis.

Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada Universitas Islam Negeri, menjadi beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang telah menyediakan jurusan filsafat.

4. Arkeologi

Arkeologi jadi jurusan yang jarang diminati lantaran masih banyak orang yang belum tahu akan prospeknya. Padahal lulusan ini dapat bekerja di instansi pemerintah macam Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Pusat Perawatan Arsip, atau menjadi pegawai museum.

Beberapa Perguruan Tinggi yang telah mempunyai prodi ini adalah, Universitas Hasanuddin, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, hingga Universitas Jambi.

5. Sejarah

Sejarah dikenal sebagai ilmu yang mempelajari masa lalu dari berbagai konteks, seperti geografi, budaya, ekonomi, politik, seni, agama, hingga militer. Lulusannya nanti tidak hanya menjadi sejarawan, namun juga peneliti, penulis, hingga dosen.

Alumni sejarah juga bisa bekerja sebagai jurnalis, atau arkeologi. Universitas yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Undip, Unair, UI, Unhas, hingga UNS.


6. Kriminologi

Bagi yang tertarik untuk mendaftar di lembaga kepolisian setelah lulus, jurusan ini bisa menjadi batu loncatan. Beberapa prospek kerja lain yang dapat dijamah lulusan kriminologi adalah, jurnalis, analis data, kriminolog, hingga dosen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2522 seconds (0.1#10.140)