4 Jurusan Kuliah Kurang Diminati Calon Mahasiswa, Prospek Karier dan Gaji Tinggi

Minggu, 25 Desember 2022 - 09:23 WIB
loading...
4 Jurusan Kuliah Kurang Diminati Calon Mahasiswa, Prospek Karier dan Gaji Tinggi
Jurusan Astronomi. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Persaingan masuk perguruan tinggi negeri ( PTN ) terutama kampus favorit memiliki persaingan yang ketat. Tidak hanya perguruan tinggi saja, lebih detail lagi adalah persaingan untuk masuk jurusan favorit yang banyak peminat. Hal ini menyebabkan terdapat jurusan yang kurang diminati.

Jurusan kuliah yang kurang diminati ini biasanya dipandang sebelah mata, karena dinilai tidak memiliki prospek yang bagus untuk masa depan.



Kurangnya wawasan dan sosialisasi membuat banyak orang berpikir demikian. Padahal, ada beberapa jurusan yang kurang diminati dan punya prospek bagus, bahkan bergaji tinggi.

Inilah 4 Jurusan yang Kurang diminati dengan Gaji Besar:

1. Astronomi

Jurusan Astronomi mungkin akan dipandang kurang memiliki prospek yang bagus, hal ini dikarenakan di Indonesia sendiri perkembangan keilmuan astronomi masih kurang berkembang. Namun bukan berarti jurusan ini tidak bisa mendapat pekerjaan nantinya.

Beberapa PTN ternama bahkan memiliki Jurusan ini, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Lulusan Astronomi ini bisa memiliki profesi sebagai ahli astronomi, peneliti, dosen hingga pegawai negeri.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) juga siap menampung lulusan jurusan ini. Gaji sebagai ahli astronom sendiri berkisar dari Rp4 juta hingga Rp33 juta per bulan.

2. Filsafat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)