10 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Selasa, 11 April 2023 - 13:02 WIB
loading...
A A A
Beberapa universitas yang memiliki Jurusan Kriminologi diantaranya, Universitas Indonesia (UI) Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau.

7. Sastra Jawa

Jurusan ini banyak mengkaji tentang karya sastra dalam bahasa Jawa sebagai fenomena sosial dan budaya. Prospek untuk lulusannya sendiri dapat menjadi sastrawan, pengamat budaya, dosen, dan seniman.

Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Semarang, Universitas Indonesia, dan Universitas Sebelas Maret jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan prodi Sastra Jawa.

8. Sosiologi

Jurusan ini mempelajari bagaimana struktur dan karakter masyarakat, problematika yang sedang dialami oleh masyarakat, fenomena sosial, dan lainnya. Setelah lulus, para alumni sosiologi bisa bekerja sebagai peneliti survei, pegawai LSM, konsultan, dan dosen.

Telah banyak universitas yang membuka jurusan ini sebagai salah satu prodinya, misalnya saja seperti Universitas Sebelas Maret, UB, Universitas Jenderal Soedirman, UI, Unair, hingga Universitas Sriwijaya.

9. Ilmu Administrasi Fiskal

Program studi ini banyak mempelajari perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Selain bisa menjadi pegawai pajak, lulusan administrasi fiskal juga dapat menjadi pegawai bea cukai.

Beberapa perguruan tinggi yang telah menerapkan jurusan ini adalah, Universitas Indonesia, Universitas Kristen Indonesia, dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

10. Aktuaria

Jurusan yang masih terbilang asing ini mempelajari tentang ilmu probabilitas, matematika, statistik dan keuangan untuk dapat melakukan pengelolaan risiko dan ketidakpastian. Prospek yang ditawarkan sendiri cukup beragam, seperti aktuaris, akuntan, manajer investasi, hingga Surveyor Risiko Asuransi.

Beberapa Universitas yang memiliki Jurusan Aktuaria adalah, UI, IPB, ITB, Unpad, UGM, UB, hingga ITS.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)