Kemendikbudristek Buka Program Magang Instruktur Tata Busana dan Kecantikan Rambut

Kamis, 13 April 2023 - 10:41 WIB
loading...
Kemendikbudristek Buka Program Magang Instruktur Tata Busana dan Kecantikan Rambut
Direktur Kursus dan Pelatihan Ditjen Ditjen Diksi Kemendikbudristek Wartanto. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Dalam memaksimalkan pembelajaran di lembaga kursus dan pelatihan (LKP), perlu adanya peningkatan kompetensi instruktur. Ini penting agar proses pembelajaran LKP selaras dengan perkembangan kompetensi dan kebutuhan industri .

Oleh karena itu, Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat) Ditjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbudristek pun membuka program magang instruktur kursus dan pelatihan bidang tata busana dan tata kecantikan rambut tahun ini.

Direktur Kursus dan Pelatihan Ditjen Ditjen Diksi Kemendikbudristek Wartanto mengatakan, program magang ini memberikan kesempatan untuk instruktur kursus meningkatkan kompetensinya dengan praktik kerja di dunia industri.

"Selanjutnya dapat diterapkan pada pembelajaran dengan peserta didik binaannya," kata Wartanto, dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Ini Perbedaan Lulusan SMA dan SMK yang Perlu Kalian Ketahui

Wartanto menjelaskan beberapa tujuan dari program magang instruktur yang bekerja sama dengan ESMOD Jakarta dan Makarizo ini. Pertama untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan instruktur terkait kompetensi terbarukan.

Selain itu juga meningkatkan kompetensi terkait teknologi mutakhir, budaya kerja, dan karakter yang berlaku di dunia kerja dan industri. "Juga untuk memberi pengalaman untuk memadukan kompetensi yang dimiliki dengan kompetensi terbarukan di dunia industri," ucapnya.

Program Magang Instruktur ini juga untuk mendorong terjadinya peningkatan kompetensi teknis instruktur kursus dan pelatihan terkait proses produksi dan penggunaan teknologi termutakhirkan di dunia kerja serta kemampuan teknis sebagai seorang instruktur.

Dengan demikian, program ini pun dapat memfasilitasi instruktur terkait proses produksi dan kemampuan teknis. Dengan demikian, kerja sama antara LKP dengan dunia kerja dan industri dapat terfasilitasi.

Sebagai kelanjutan dari Program Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (PPKSDM), program Magang Instruktur berfokus pada peningkatan kompetensi secara keseluruhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)