Ini Perbedaan Lulusan SMA dan SMK yang Perlu Kalian Ketahui

Jum'at, 07 April 2023 - 06:26 WIB
loading...
Ini Perbedaan Lulusan SMA dan SMK yang Perlu Kalian Ketahui
Siswa SMK tengah mengikuti praktik komputer di sekolah. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jenjang pendidikan yang dapat ditempuh siswa setelah merampungkan sekolah menengah pertama (SMP) adalah sekolah menengah atas ( SMA ) atau sekolah menengah kejuruan ( SMK ).

Para siswa yang baru saja lulus SMP harus memilih di antara keduanya. Keduanya memang masih sederajat tetapi memiliki sistem pembelajaran yang berbeda.



Perbedaan umum antara SMA dan SMK adalah siswa SMA lebih banyak mempelajari teori, sedangkan siswa SMK lebih banyak melakukan praktik.

Tetapi selain itu, ada perbedaan lain antara SMA dan SMK yang harus diketahui oleh para siswa sebelum memilih.

Simak penjelasannya berikut ini.


1. Tujuan Pendidikan

Perbedaan pertama yang dapat dilihat dengan jelas adalah tujuan pendidikan antara SMA dan SMK. Lulusan SMA akan banyak mengantongi teori-teori yang dipelajari selama 3 tahun di bangku sekolah.

Pembekalan teori ini bertujuan mempersiapkan siswanya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya yaitu perguruan tinggi.

Sedangkan lulusan SMK akan mengantongi banyak pengalaman dari praktik-praktik yang dilakukan selama di bangku sekolah, ditambah juga dengan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL).

Maka bisa dilihat, lulusan SMK memang dipersiapkan untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus. Beda halnya dengan lulusan SMA, yang dipersiapkan untuk masuk ke dunia kuliah.

2. Jenis Jurusan

Dilihat dari jurusan, jurusan di SMK lebih beragam daripada jurusan di SMA. Pembelajaran di SMK hanya akan fokus dengan jurusan yang dipilih oleh siswa.
Misalnya, akuntansi, maka siswa akan fokus pada teori dan praktik pada jurusan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)