Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi Unnes 2023 Dibuka, Ini Ketentuannya

Kamis, 13 April 2023 - 16:40 WIB
loading...
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi Unnes 2023 Dibuka, Ini Ketentuannya
Unnes membuka penerimaan mahasiswa baru Jalur Prestasi dengan sejumlah ketentuan tertentu. Foto/Unnes.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Semarang ( Unnes ) membuka penerimaan mahasiswa baru Jalur Prestasi 2023. Pendaftaran dilakukan secara online hingga 9 Juni 2023 mendatang.

Jalur Prestasi Unnes merupakan bagian dari Seleksi Mandiri Unnes (SM-Unnes). Jalur Prestasi ini dibuka sebagai bentuk apresiasi bagi siswa berprestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan.

Kepala UPT Humas Unnes Zaenal Abidin menjelaskan, jalur seleksi prestasi yang baru dibuka tahun ini menjadi bagian komitmen kampusnya untuk membangun SDM unggul di Indonesia dan meningkatkan mutu input mahasiswa baru.

“Jalur Prestasi ini diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII,” katanya, dikutip dari laman Unnes, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: 74 Pusat UTBK SNBT 2023 dan Cara Memilih Lokasinya

Persyaratan Khusus Jalur Prestasi Unnes 2023



Persyaratan khusus untuk mengikuti jalur ini yakni memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:

1. Juara I, II dan III (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.

2. Juara I (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.

3. Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).

4. Pernah menjabat sebagai Ketua OSIS/Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang berprestasi selama menempuh studi di SMA/MA/SMK/MAK.

5. Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga nomor perorangan untuk bela diri, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, panahan, atletik, renang, e-sport dan sepak takraw yang diselenggarakan oleh KONI, Kemendikbudristek dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui dan dibuktikan dengan surat pengantar oleh induk organisasi olahraga.

6. Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi; juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal terdiri 10 orang), tari (berpasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya yang relevan.

7. Juara olimpiade/lomba mata pelajaran yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, Kemenag atau Kementerian lainnya.

8. Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya.

Baca juga: Pendaftaran Rekrutmen BUMN 2023 Segera Dibuka, Fresh Graduate Harus Miliki Kemampuan Ini

9. Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai h harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.

10. Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Kategori UKT pada Jalur Prestasi Unnes 2023


Zaenal menjelaskan, Unnes memberikan penghargaan kepada calon mahasiswa yang diterima di Jalur Seleksi Mandiri Prestasi berupa keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah Kategori I/Kategori II dari semester 1 sampai dengan semester 8.

Selain itu, peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Nasional berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya UKT Kategori I/terendah per semester.

Ia menambahkan, peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya UKT Kategori II per semester.

Sedangkan, peserta peraih juara I dalam bidang olah raga, seni, teknologi dan lomba bidang keagamaan tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya UKT Kategori II per semester.

Cara Pendaftaran


Tata cara pendaftaran dan seleksi jalur prestasi Unnes ini dengan membuka laman https://unnes.ac.id/admission/. Calon peserta seleksi harus membuat akun pendaftaran dan masuk ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara daring. Pada jalur ini, pendaftar berhak memilih dua program studi yang diminati.

Hasil seleksi administrasi (tahap I) diumumkan di laman pendaftaran pada 12 Juni 2023. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap I wajib mengikuti Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA) pada tanggal 17-18 Juni 2023. Hasil seleksi (tahap II/akhir diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 23 Juni 2023.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)