UGM Buka Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PBU Berbasis Geografis

Sabtu, 15 April 2023 - 05:50 WIB
loading...
UGM Buka Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PBU Berbasis Geografis
UGM menyediakan jalur seleksi PBU Berbasis Geografis untuk putra putri terbaik dari luar Pulau Jawa. Foto/Laman UGM.
A A A
JAKARTA - UGM menyediakan penerimaan mahasiswa baru jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) berbasis geografis. Jalur ini khusus bagi putra putri daerah terbaik dari luar Pulau Jawa.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof.Dr. Wening Udasmoro menegaskan kembali komitmen UGM menjadi kampus inklusif.

“Program penerimaan jalur PBU secara geografis ini merupakan bentuk komitmen UGM untuk pengembangan SDM di luar Jawa atau penguatan wilayah yang rentan secara geografis,” katanya, dikutip dari laman UGM, Sabtu (15/4/2023).

Wening mengatakan pada tahun ini UGM menyediakan kuota bagi sekitar 100 putra putri daerah yang bisa mengikuti program seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur PBU berbasis geografis ini. Ia berharap nantinya ada banyak masyarakat yang dapat diterima melalui jalur seleksi ini dan ke depannya dapat meningkat.

Baca juga: Gala Tirta Apsara, Konsep Permukiman Ramah Lingkungan dari Mahasiswa ITS

Persoalan inklusivitas telah tertuang dalam Rencana Strategis (renstra) Rektor UGM 2022-2027 yang menyebutkan UGM sebagai kampus inklusif dan menghargai keberagaman termasuk bagi masyarakat di luar Pulau Jawa yang rentan secara geografis.

Menurutnya, jalur ini tersedia dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan KAGAMA yang ternyata mendapat respon positif dari sejumlah daerah.

Dia mengungkapkan, hingga kini sudah ada empat pemda yang berkomitmen kuat pada jalur ini. Yaitu Kalimantan Utara, Riau, Bengkulu, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Masing-masing daerah rata-rata menganggarkan sekitar 10-20 mahasiswa untuk ikut dalam seleksi jalur PBU berbasis geografis UGM,” lugasnya.

Baca juga: Lulus Summa Cumlaude, Sjafrie Sjamsoeddin Jadi Doktor Ilmu Pertahanan Ke-29 Unhan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)