Ribuan Mahasiswa akan Kuliah di ITB Jatinangor, Cek Fasilitas yang Tersedia

Sabtu, 15 April 2023 - 07:45 WIB
loading...
Ribuan Mahasiswa akan Kuliah di ITB Jatinangor, Cek Fasilitas yang Tersedia
Kampus ITB Jatinangor akan jadi tempat kegiatan perkuliahan mahasiswa TPB TA 2023/2024. Foto/Laman ITB.
A A A
JAKARTA - Kampus ITB Jatinangor akan menjadi lokasi perkuliahan bagi 5.000 mahasiswa program Tahap Persiapan Bersama (TPB). Sejumlah fasilitas pun disiapkan untuk para mahasiswa.

Berdasarkan surat edaran (SE) Rektor ITB Nomor: 119/ITI.A/KM/2023 tentang pelaksanaan kegiatan akademik TPB di ITB Kampus Jatinangor, mahasiswa TPB pada Tahun Akademik 2023/2024 akan berkuliah di kampus Jatinangor.

Kasubdit Akademik, Kemahasiswaan, dan Humas Direktorat Kampus ITB Jatinangor Dian Rosleine mengatakan, 7.000 mahasiswa ini terbagi 5.000 mahasiswa TPB dan 2.000 mahasiswa jurusan.

Untuk menyambut para mahasiswa baru ini, ITB Jatinangor pun menyiapkan sejumlah fasilitas. Meliputi transportasi, hunian mahasiswa, olahraga, kantin, pelayanan kesehatan dan juga fasilitas akademik.

Baca juga: Kisah Bilal Dwi Anugrah, Raih Sarjana ITB di Usia 20 Tahun

Dian menerangkan, ITB juga sudah mulai berencana akan membangun gedung baru setinggi lima lantai. "Gedung baru ini akan menjadi lab fisika dasar dan kimia dasar, ruang bersama, dan co-working space," katanya, dikutip dari laman ITB, Sabtu (15/42023).

Kampus Jatinangor menambah jumlah kelas berkapasitas 100 orang pada gedung-gedung perkuliahan. Gedung perpustakaan yang memiliki 10 ruangan berkapasitas 100 orang direncanakan akan difungsikan juga sebagai gedung kuliah umum (GKU) 3.

Kampus Jatinangor juga berencana menambah kantin dan minimarket kecil di lingkungan kampus. Fasilitas olahraga akan bekerja sama dalam peminjaman gor futsal dan tenis meja. Segi pelayanan kesehatan selain bekerja sama dengan Yankes ITB, juga bekerja sama dengan unit kesehatan di Jatinangor seperti Klinik Unpad, Puskesmas Jatinangor, dan Rumah Sakit AMC.

Tidak hanya itu, ke depannya ITB juga memberikan subsidi biaya pengobatan bagi mahasiswa. Fasilitas ATM center juga sedang diupayakan.

Baca juga: Unair Bersiap Gelar UTBK SNBT 2023, Perlukah Tes PCR?

Ruang berkumpul juga menjadi fokus pembangunan Kampus ITB Jatinangor. Saat ini, co-working space sudah mulai dioperasikan di GKU 1 dan di setiap fakultas. Beberapa lokasi juga disediakan sebagai tempat berkumpul di ruang-ruang terbuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)