Beasiswa IISMA 2023 Telah Diumumkan, Ini Keuntungan yang akan Didapat Peserta

Minggu, 16 April 2023 - 08:38 WIB
loading...
Beasiswa IISMA 2023 Telah Diumumkan, Ini Keuntungan yang akan Didapat Peserta
Beasiswa program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023. Foto/Dok/IISMA
A A A
JAKARTA - Pengumuman beasiswa program Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) telah diumumkan pada Sabtu (15/4/2023). Pengumuman IISMA 2023 dapat dilihat di akun peserta masing-masing.

Peserta yang lolos selanjutkan akan menjalani kegiatan persiapan pemberangkatan ke masing-masing negara yang dituju. Ada sejumlah keuntungan yang akan didapatkan peserta program IISMA 2023.



IISMA adalah adalah skema beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membiayai pelajar Indonesia dalam program mobilitas satu semester di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri.

Beasiswa ini menawarkan dua skema untuk mahasiswa sarjana dan vokasi. Sebanyak 12.704 mahasiswa mendaftar IISMA 2023. Kemdikbudristek menyebutkan angka pendaftar tahun 2023 adalah yang tertinggi.

Angka pendaftar tersebut terdiri atas 10.496 mahasiswa program sarjana dan 2.208 mahasiswa program vokasi yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.



Keuntungan Peserta IISMA 2023


1. Mendapatkan 20 SKS

Menjamin 20 SKS ditransfer ke universitas di Indonesia untuk memastikan mahasiswa tidak tertinggal karena mengikuti program IISMA di universitas tuan rumah. Sebanyak 20 SKS diperoleh melalui kegiatan akademik dan kegiatan yang diambil berdasarkan minat mahasiswa.

2. Mempelajari Ilmu Multidisiplin

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari ilmu multidisiplin berdasarkan minat masing-masing mahasiswa melalui berbagai mata kuliah. Mereka bebas memilih mata kuliah yang tidak ada hubungannya dengan jurusan di perguruan tinggi asal.

3. Menimba Pengetahuan dan Keterampilan

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menimba ilmu dan keterampilan dari universitas ternama dunia di 30 negara. Kesempatan besar untuk belajar kepada dosen yang memiliki kapabilitas yang baik di bidang studinya.


4. Meningkatkan Pemahaman Lintas Budaya

Meningkatkan pemahaman lintas budaya siswa melalui mendapatkan pengalaman di negara tuan rumah. Siswa juga dapat mengembangkan keterampilan lintas budaya saat mereka belajar dan tinggal di kelas yang sama dengan penduduk setempat.


5. Memperluas Jaringan

Meningkatkan jaringan di tingkat internasional melalui pertemuan mahasiswa lokal dan internasional, dosen dan masyarakat. Jaringan dapat diperoleh dengan terlibat dalam kegiatan akademik dan non-akademik di universitas tuan rumah.


6. Mempersiapkan Karier

Mempersiapkan lulusan yang berkualitas dengan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan untuk mendapatkan karir masa depan. Pengalaman belajar di luar negeri dapat memberikan nilai lebih sebagai bagian penting dari bekal mahasiswa untuk dunia kerja di masa depan.

Cakupan Beasiswa IISMA 2023

• Pendaftaran dan Biaya Pendidikan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3126 seconds (0.1#10.140)