Mau Ikut Ujian Mandiri UGM 2023? Ini Jadwal dan Syarat Lengkapnya

Senin, 17 April 2023 - 07:42 WIB
loading...
Mau Ikut Ujian Mandiri UGM 2023? Ini Jadwal dan Syarat Lengkapnya
UGM membuka penerimaan mahasiswa baru jalur UM-CBT UGM. Foto/Dok/SINDOnew.
A A A
JAKARTA - UGM membuka penerimaan mahasiswa baru seleksi jalur mandiri pada Mei 2023 mendatang. Berikut ini syarat dan ketentuannya.

Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui dua jalur nasional yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Kemudian juga ada tujuh jalur prestasi seperti Penelurusan Bibit Unggul (PBU) Tidak Mampu, Penelurusan Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelurusan Bibit Unggul Kemitraan (PBUK), Penelurusan Bibit Unggul 3T, dan lainnya.

Selain kedua jalur di atas, UGM juga mempunyai seleksi ujian mandiri yang dinamakan Ujian Mandiri-Computer Based Test (CBT). Jalur ini menggunakan seleksi dengan dua kombinasi penilaian.

Baca juga: Tim Peneliti Universitas Pertamina Teliti Cara Manfaatkan Ampas Kelapa Jadi Biodiesel

Kedua penilaian itu adalah kombinasi nilai/skor UM-CBT UGM dan nilai skor UTBK SNBT. Lulusan SMA dan sederajat juga Pajet C boleh daftar dengan memilih 2 prodi S1 dan D4.

Kelompok ujiannya nanti akan terbagi menjadi tiga kelompok dan setiap calon hanya boleh mengikuti salah satu kelompok ujian. Yaitu kelompok ujian saintek, soshum, dan campuran(saintek-soshum).

Dikutip dari laman Ujian Masuk UGM, berikut ini informasi jalur Ujian Mandiri CBT UGM

Persyaratan Ujian Mandiri UGM 2023

Syarat Umum


1. sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan)
2. lulusan SMA/MA/SMK/sederajat 2 (dua) tahun terakhir atau lulusan Paket C dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan)
3. memiliki prestasi akademik baik dan konsisten;
4. memiliki surat keterangan sedang menempuh kelas 12 (dua belas) atau surat keterangan lulus bagi calon peserta yang berada di kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah; atau
5. memiliki ijazah bagi calon peserta lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 2 (dua) tahun terakhir.

Baca juga: UIN Walisongo Sediakan 1.898 Kuota Jalur UM PTKIN, Simak Prodi dengan Kuota Terbanyak

Syarat Khusus


1. lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun per 1 Juli pada tahun berjalan dengan dibuktikan ijazah;
2. lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C pada tahun berjalan, dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun per 1 Juli pada tahun berjalan, telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah; dan
3. mengikuti dan memiliki skor UTBK-SNBT pada tahun berjalan.

Prosedur Pendaftaran



1. Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.
2. Memilih 2 (dua) Program Studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4). Urutan pilihan menunjukkan urutan prioritas;
3. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, memilih lokasi UM-CBT UGM Tahun 2023 sesuai pilihan yang tersedia, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
4. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk pembayaran yang ada di akun pendaftaran dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh.

Kelompok Ujian Yogyakarta Saintek: Rp325.000
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)