Beasiswa SEMESTA 2023 Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Link Pendaftaran

Selasa, 18 April 2023 - 01:56 WIB
loading...
Beasiswa SEMESTA 2023 Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Link Pendaftaran
SEVIMA kembali mengadakan program beasiswa SEVIMA Mencari Siswa Bertalenta (SEMESTA) 2023. Foto/Dok/SEVIMA
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian mencatat pada 2030 mendatang setidaknya dibutuhkan 17 juta tenaga terampil digital. Sedangkan talenta digital yang kini tersedia di Indonesia, hanya berkisar 600 ribu orang.

Dalam rangka mendukung generasi muda terbaik bangsa untuk dapat meraih peluang kerja di bidang teknologi, SEVIMA kembali mengadakan program beasiswa SEVIMA Mencari Siswa Bertalenta (SEMESTA) 2023.



Beasiswa ini memberikan kesempatan kuliah gratis S1 di bidang IT untuk 25 orang, serta kesempatan kerja dan digaji tiap bulan.

Adanya program beasiswa tahun ini, menandakan bahwa genap 5 tahun sudah SEVIMA turut andil dalam memajukan pendidikan melalui Beasiswa Semesta.

Beasiswa ini juga menjadi salah satu event tahunan yang ditunggu-tunggu dunia pendidikan Indonesia, seiring dengan pendaftar pada tahun lalu yang mencapai 3.000 orang dan diluncurkan bersama berbagai menteri dan pejabat tinggi negara.

"Beasiswa SEMESTA adalah event tahunan yang sangat ditunggu dunia pendidikan, dan bisa diikuti seluruh siswa lulusan SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia. Para talenta terpilih nantinya akan mendapatkan full scholarship S1 sekaligus untuk peserta terbaik akan program mentoring skill dari SEVIMA selama 4 tahun dan digaji setiap bulannya," kata Halim dalam keterangan pers, Selasa (18/4/2023).



Beasiswa SEMESTA akan dianugerahkan kepada 25 talenta terpilih untuk berkuliah jurusan IT di perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan SEVIMA untuk program ini, seperti Binus University dan berbagai kampus lainnya.

"Beasiswa SEMESTA Batch 5 merupakan tahun kelima program ini dilaksanakan dengan harapan bisa mengajak startup dan industri lain untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan terciptanya sumber daya manusia yang unggul menuju Indonesia maju," ucap Sugianto Halim.

Pendaftaran Beasiswa SEMESTA akan berlangsung hingga 7 Juni 2023 mendatang. Sugianto Halim juga menekankan bahwa Beasiswa SEMESTA merupakan beasiswa program sarjana yang diadakan rutin oleh SEVIMA setiap tahunnya.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK se-derajat yang berprestasi khususnya di bidang teknologi, namun terkendala dengan ekonomi.

Syarat Beasiswa SEMESTA:

- Warga Negara Indonesia (WNI)
- Berminat belajar dan berkarier di bidang IT
- Siswa kelas XII atau lulusan SMA/SMK/MA angkatan 2020-2022
- Tidak terikat dengan kontrak beasiswa lain
- Bersedia ditempatkan di Surabaya
- Mengisi formulir pendaftaran 7 Juni 2023
- Memilih salah satu dari empat kualifikasi terkait IT yang tersedia di Beasiswa SEMESTA, diantaranya: Programmer, Designer, Support, dan System Administrator.

Waktu pelaksanaan beasiswa SEMESTA:

1. Pendaftaran via website : 3 Maret – 7 Juni 2023
2. Computer Based Test (CBT) : 17 – 18 Juni 2023
3. Hackathon: 24 – 25 Juni 2023
4. Pengumuman lolos seleksi : 1 Juli 2023
5. Presentasi dan wawancara : 8 Juli 2023
6. Puncak acara : 9 Juli 2023

Sugianto Halim juga mengungapkan bahwa SEVIMA dilakukan dalam tiga tahap: administratif, CBT, dan Hackaton. Pada tahap pertama, seleksi administratif memastikan peserta sesuai dengan persyaratan yang tersedia.

Pada tahap kedua, SEVIMA menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer. Tes dilakukan secara online dan bisa dikerjakan dari rumah, namun dengan sistem keamanan yang terjamin. Setelah mengerjakan tes, nilai juga langsung muncul di layar komputer.

Sementara tahap terakhir, yaitu hackathon beserta presentasi dan wawancara, memberi kesempatan para peserta menunjukkan kebolehannya di bidang IT selama sehari penuh dan beruntun. Sesuai dengan asal namanya, yaitu gabungan dari kata “hack” dan “marathon”.

“Jadi, tunggu apalagi? Segera persiapkan dan daftarkan diri kamu melalui https://maukuliah.id/beasiswa-semesta. Jangan lupa juga pantau website maukuliah.id dan juga Instagram maukuliah.id untuk mendapatkan informasi selanjutnya. Good luck!,” pungkas Sugianto Halim.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)