5 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kelulusan SNBT 2023, Pendaftar Wajib Tahu

Selasa, 18 April 2023 - 12:05 WIB
loading...
5 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kelulusan SNBT 2023, Pendaftar Wajib Tahu
Lolos seleksi SNBT 2023 dan diterima masuk ke Perguruan Tinggi Swasta (PTN) pilihan jadi salah satu mimpi calon mahasiswa. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lolos SNBT 2023 dan diterima masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan jadi salah satu mimpi calon mahasiswa. Untuk mempersiapkannya, setiap pendaftar musti memahami faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kelulusan SNBT 2023.

Bagi para peserta yang telah mendaftarkan diri dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 akan mulai melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I pada 8-14 Mei mendatang menurut informasi dari Kemendikbud.


Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kelulusan SNBT 2023

Berikut faktor yang dapat mempengaruhi kelulusan SNBT 2023 yang harus diketahui oleh para pendaftar.

1. Kelengkapan Berkas

Sebelum mengikuti tes, alangkah baiknya untuk mengecek kelengkapan berkas terlebih dahulu lantaran adanya beberapa berkas yang harus dibawa pada saat UTBK SNBT 2023 harus dilengkapi oleh para peserta.

Berkas yang harus dibawa di antaranya, kartu peserta SNBT 2023, kartu Identitas (KTP), surat keterangan lulus asli (bagi peserta angkatan 2023), dan fotocopy ijazah yang dilegalisir (angkatan 2021 dan 2022).

Selain berkas terdapat pula beberapa kelengkapan ujian yang musti dibawa, seperti masker, hand sanitizer, dan mengenakan pakaian formal, serta bersepatu.

2. Nilai UTBK

Skor UTBK punya peran penting terhadap kelulusan peserta SNBT 2023. Karena untuk PTN ternama atau terfavorit pastinya punya standar nilai UTBK yang berbeda dari beberapa kampus yang kurang diminati.

3. Cermat dalam Memilih Jurusan

Biasanya dalam suatu PTN ternama sekalipun akan ada jurusan yang jarang dipilih atau sepi peminat. Program Studi inilah yang punya peluang masuk tinggi sebab persaingan yang kurang ketat.

Namun dalam pemilihan jurusan ini juga perlu diimbangi dengan kemampuan diri. Jadi pilihlah prodi yang sesuai dengan keahlian dan yang paling diminati atau disukai.


4. Persiapan Mengikuti Ujian

Sebagai peserta ujian tulis yang mendasarkan kelulusan dari nilai tertinggi, setiap peserta harus mempersiapkan diri dengan berlatih soal sebanyak banyaknya terlebih bila memilih PTN favorit yang punya banyak pesaing.

Selain meningkatkan kemampuan diri dengan belajar dan berlatih, perhatikan juga kondisi fisik. Jangan sampai ketika ujian berlangsung peserta justru berhalangan hadir karena sakit.

5. Portofolio

Terdapat sebelas jenis portofolio yang ada dalam UTBK SNBT 2023, di antaranya adalah :

- Portofolio Seni Pedalangan
- Portofolio Olahraga
- Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
- Portofolio Film dan Televisi
- Portofolio Fotografi
- Portofolio Tari
- Portofolio Teater
- Portofolio Etnomusikologi
- Portofolio Seni Karawitan
- Portofolio Musik
- Portofolio Sendratasik.

Bagi pendaftar yang memilih program studi yang mewajibkan pengumpulan portofolio, harus memperhatikan ketentuan yang diberikan dengan baik. Karena persentase nilai portofolio dalam SNBT 2023 punya pengaruh yang cukup signifikan. Untuk itu bagi yang mendaftar di jurusan olahraga atau seni, perlu mempersiapkan potofolio dengan sebaik-baiknya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3784 seconds (0.1#10.140)