Jadwal dan Cara Daftar Seleksi Mandiri Masuk ITB, Pejuang PTN Harus Tau

Kamis, 27 April 2023 - 13:02 WIB
loading...
Jadwal dan Cara Daftar Seleksi Mandiri Masuk ITB, Pejuang PTN Harus Tau
Seleksi Mandiri ITB (Institut Teknik Bandung) jadi salah satu jalur yang dapat diikuti para calon mahasiswa selain SNBP dan SNBT. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Seleksi Mandiri ITB (Institut Teknik Bandung) jadi salah satu jalur yang dapat diikuti para calon mahasiswa selain SNBP dan SNBT. Namun para calon mahasiswa tentunya harus memahami persyaratannya terlebih dahulu.

Dilansir dari laman resmi ITB , Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya.

Sehingga mahasiswa yang diterima di ITB melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya di ITB.

Khusus bagi calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan biaya pendidikan di ITB.



Untuk melakukan pendaftaran Seleksi Mandiri ITB, para peserta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

- Berasal dari SMA/MA dengan tahun ijazah 2021, 2022, atau 2023.
- Memiliki NISN
- Mengunggah nilai rapor SMA/MA/Paket C lengkap
- Memiliki nilai UTBK 2023
- Tidak pernah tercatat sebagai mahasiswa ITB
- Mengikuti Ujian Seleksi Mandiri ITB secara daring
- Khusus untuk peminat Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), wajib mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa secara daring.
- Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi peminat jurusan tertentu

Cara Daftar Seleksi Mandiri masuk ITB

Cara mendaftarnya adalah dengan menyelesaikan pendaftaran calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) di laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB.

Mulai dari mendaftarkan diri dengan menggunakan Nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), Tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail yang aktif.

Kemudian, mengisi data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya, serta mengisikan nilai rapor dan mengunggah hasil pindai rapor asli, dan nomor peserta UTBK 2023.

Setelah itu barulah melakukan pemilihan program studi yang dituju di ITB, sesuai dengan jurusan asal sekolah. Calon peserta dapat memilih maksimum 3 pilihan program studi pada pelaksanaan SM-ITB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)