Implementasi Kurikulum Merdeka Tarik Minat Ribuan Sekolah di Maluku Utara

Jum'at, 28 April 2023 - 08:25 WIB
loading...
Implementasi Kurikulum Merdeka Tarik Minat Ribuan Sekolah di Maluku Utara
Perwakilan BKHM Kemendikbudristek Seno Hartono (kiri) dan Kepala BPMP Maluku Utara Santoso (kanan). Foto/BKHM.
A A A
MALUKU UTARA - Implementasi Kurikulum Merdeka ( IKM ) telah diterapkan di 163 sekolah di di Ternate, Maluku Utara. Terbaru, sekitar 2.000 sekolah tertarik untuk mendaftarkan diri ke salah satu program unggulan Kemendikbudristek tersebut.

Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Maluku Utara Santoso mengatakan, saat ini sudah ada 163 satuan pendidikan di Maluku Utara yang menerapkan program Kurikulum Merdeka itu.

"163 sekolah ini merupakan angkatan pertama yang dengan keberaniannya melakukan proses transformasi pendidikan di Maluku Utara," kata Santoso, dalam keterangannya di SMAN 4 Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (27/4/2023).

Sedangkan di tahun 2023 ini, jelasnya, ada sekitar 2.000 sekolah yang sudah mendaftarkan diri mengikuti jejak 163 sekolah lainnya yang sudah menerapkan implementasi Kurikulum Merdeka di Maluku Utara.

Dia menjelaskan, agar proses penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah yang baru mendaftar berjalan lancar maka pihaknya bersama Balai Guru Penggerak (BGP) Maluku Utara akan melakukan proses pendampingan dan bimbingan melalui strategi Kenduri Merdeka Belajar.

Baca juga: Ini 20 SMA Terbaik di Jawa Barat Versi LTMPT, Layak Dijadikan Referensi PPDB 2023

"Strategi ini kamu lakukan untuk proses advokasi dan pendampingan dari pemerintah daerah sehingga kebijakan dari Kemendikbudristek bisa diimplementasikan dengan semangat gotong royong," ungkapnya.

Dia menjelaskan, konsep dari kenduri Merdeka Belajar ini adalah memperkuat kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan untuk berperan bersama agar kebijakan dari Kemendikbudristek, seperti Kurikulum Merdeka maupun Sekolah Penggerak bisa berjalan baik di daerahnya.

Santoso menuturkan, meski menemui tantangan geografis namun pihaknya terus mengawal kebijakan maupun program Kemendikbudristek ini mulai dari kabupaten kota bahkan sampai ke daerah perbatasan untuk mempercepat berjalannya kebijakan Kemendikbudristek di kawasan tersebut.

Implementasi Kurikulum Merdeka Tarik Minat Ribuan Sekolah di Maluku Utara
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4459 seconds (0.1#10.140)