Mahasiswi Unesa Ini Sukses Jalani IISMA di Ceko Sembari Menyelesaikan Skripsi

Sabtu, 29 April 2023 - 05:30 WIB
loading...
Mahasiswi Unesa Ini Sukses Jalani IISMA di Ceko Sembari Menyelesaikan Skripsi
Mahasiswa Unesa Syifaa Khoirunnisaa menjadi awardee IISMA 2022 ke Ceko. Foto/Dok/Unesa.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Unesa Syifaa Khoirunnisaa menjadi awardee IISMA 2022 ke Ceko. Menariknya, sembari menjalani belajar satu semester di negeri orang dia pun menuntaskan skripsinya.

Mahasiswi S1 prodi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu belajar selama satu semester di Palacky University Olomouc, Ceko. Awalnya dia berangkat ke Ceko pertengahan 2022 dan kembali ke Indonesia pada Januari 2023.

Di tengah berjuang kuliah di negeri orang, dia juga menyelesaikan skripsi. “Saya menyusun skripsi sejak semester enam dan waktu berangkat ke luar negeri itu saya bertekad belajar sekaligus harus menyelesaikan skripsi. Mungkin bisa dibilang, menyelam sambil minum air,” katanya, dikutip dari laman Unesa, Sabtu (29/4/2023).

IISMA Tuntas, Skripsi Selesai


Untuk menuntaskan skripsi yang berjudul “A Multimodal Discourse Analysis of Indonesian Beauty Product Advertisement Featuring Korean Celebrity on Instagram Post” itu dia tentu harus pandai mengatur waktu. Dia memanfaatkan waktu istirahatnya atau di sela-sela kesibukan belajarnya untuk mengerjakan skripsi.

Setelah dikerjakan, naskah skripsinya itu dikonsultasikan secara daring dengan pembimbingnya yang juga sedang berada di luar negeri, United Kingdom (UK). Pendekatan atau cara konsultasi jarak jauh ini tentu atas komunikasi terlebih dahulu dengan pembimbing.

Rahasia Syifaa Menulis Skripsi

Strategi Syifaa yaitu naskah skripsi yang sudah disusun dikirim ke pembimbing untuk diperiksa. Catatan perbaikan kemudian dikirim kembali dan Syifaa melakukan revisi sesuai arahan pembimbing. Jika ada hal-hal yang perlu dibahas bersama misalnya, baru kemudian ada konsultasi tatap muka virtual.

“Biasanya saya mengirim skripsi, kalau ada revisi saya perbaiki. Kalau saya bingung atau ada bagian yang tidak saya pahami, barulah ada konsultasi tatap muka virtual. Gak terlalu sering, paling sekitar satu kali dalam dua minggu selama proses revisian,” ucapnya.

Lewat skripsinya, Syifaa membahas iklan produk kecantikan Indonesia yang menggunakan selebritas Korea di Instagram. Iklan tersebut dianalisis menggunakan wacana multimodal. Wacana multimodal ini merupakan studi yang mengkaji teks, gambar, warna, simbol dan sumber semiotik lainnya yang mempresentasikan makna.

Penelitian ini dianggap penting, karena banyak produk kecantikan di Indonesia yang iklannya menggunakan selebritas luar negeri, utamanya Korea. “Saya percaya semua aspek yang terpancar dari iklan itu saling berhubungan dan membentuk makna tertentu. Kombinasi warna dan penggunaan kalimat persuasif sangat penting untuk strategi marketing, termasuk desain dan copywriting,” tukasnya.

Setelah melewati berbagai tantangan, Syifaa berhasil menuntaskan skripsinya. Dia kembali ke Indonesia membawa oleh-oleh berupa skripsi dan pengalaman belajar di Negeri Seribu Kastil. Dia kemudian maju sidang skripsi dan dinyatakan lulus beberapa waktu lalu.

Pengalamannya di Ceko


Selain soal skripsi, Syifaa juga menceritakan pengalaman lainnya di sana. Dia merasa tertarik dengan atmosfer pendidikan di Ceko yang di antaranya memulai pembelajaran dengan menuliskan ekspektasi atau hal-hal yang ingin dipelajari mahasiswa. Strategi itu membuat Syifaa merasa mendapat hal yang diinginkan dan pembelajaran yang diikuti menjadi tidak sia-sia.

Selain itu, Ceko atau setidaknya di sekitar kawasan tempat tinggal dan belajarnya Syifaa lingkungannya sangat bersih dan tidak ditemukan orang yang membuang sampah sembarangan. Sistem tata kelola lingkungan di sana yaitu Reduce, Reuse, Recycle (3R) dan pengelolaanya maksimal.

Penggunaan kantong plastik sangat dikurangi dan banyak menggunakan kantong berbahan non-plastik. Bungkus-bungkus banyak menggunakan kertas. Kalau belanja harus membawa kantong sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)