Mahasiswi Unesa Ini Sukses Jalani IISMA di Ceko Sembari Menyelesaikan Skripsi

Sabtu, 29 April 2023 - 05:30 WIB
loading...
A A A
“Kalau di kita (Indonesia, red) sudah ada sistem 3R di tiap kelurahan bahkan. Kalau di sana (Ceko, red) itu gak bisa sembarang simpan sampah di tongnya, harus dipilah dulu. Misalnya tidak dilakukan, setahu saya ada peringatan gitu,” bebernya.

Rahasia Sukses Syifaa Lolos IISMA


Apa rahasia Syifaa bisa lolos IISMA dan di sana bisa langsung menyelesaikan skripsi? Terkait program IISMA, kata Syifaa, ada beberapa yang harus dipenuhi. Pertama, tentukan tujuan dan target terlebih dahulu. Artinya perlu direncanakan sejak semester awal.

Kedua, kemampuan bahasa Inggris yang harus dicicil jauh-jauh hari sehingga mendapatkan skor bahasa yang disyaratkan. Ketiga, esai yang bermutu. Menulis esai ini bisa dilatih secara berkala dan mintalah teman yang sudah lulus program sebelumnya atau dosen untuk mereview esai.

Keempat, kemampuan komunikasi yang diuji saat tahap wawancara. Ini juga bisa dilatih jauh-jauh hari agar tidak kaget atau penjelasannya ke mana-mana saat ditanya tim wawancara. Kelima, percaya diri dan pantang menyerah.

“Kalau kiat selesai skripsi sambil belajar di luar negeri itu ada pada komitmen, kedisiplinan, manajemen waktu, komunikasi yang baik dengan membimbing, tekad dan harus punya target,” tutupnya yang ingin lanjut S-2 di luar negeri itu.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)