Tanoto Foundation Kucurkan Rp1,9 T untuk Beasiswa dan Penanganan Stunting di Indonesia

Minggu, 30 April 2023 - 06:53 WIB
loading...
Tanoto Foundation Kucurkan Rp1,9 T untuk Beasiswa dan Penanganan Stunting di Indonesia
Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi negeri menerima Beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation. Foto/Dok/TF
A A A
JAKARTA - Sukanto Tanoto tak hanya dikenal karena sepak terjangnya di dunia bisnis. Konglomerat yang merintis usahanya dari sebuah toko kecil di Medan, Sumatera Utara, ini juga terkenal dalam dunia filantropi .

Melalui Tanoto Foundation , organisasi filantropi independen yang didirikan bersama istrinya, Tinah Bingei, Sukanto Tanoto menggelontorkan uang hingga triliunan Rupiah untuk program pendidikan dan kesehatan di Indonesia.



Dikutip dari Laporan Tahunan Tanoto Foundation, sepanjang tahun 2015 hingga 2022, keluarga Sukanto Tanoto tercatat memberikan donasi sebesar USD133,8 juta atau setara Rp1,9 triliun (kurs rata-rata Rp14.500 per USD).

Pendanaan Tanoto Foundation ini berasal dari keluarga Sukanto Tanoto, jadi terpisah dengan program CSR perusahaan yang ada di bawah RGE Group. Dari tahun ke tahun, jumlah donasi Tanoto Foundation terlihat naik. Terakhir pada tahun 2022 lalu, donasinya mencapai USD27 juta atau setara Rp391 miliar.

Total dana triliunan tersebut digunakan dalam berbagai program di bidang pendidikan dan kesehatan di Indonesia. Di antaranya adalah program beasiswa TELADAN untuk mahasiswa, program SIGAP untuk penurunan stunting, serta program PINTAR untuk peningkatan kapasitas bagi siswa, guru, dan kepala sekolah di berbagai wilayah di Indonesia.



Sepak terjang Sukanto Tanoto di dunia filantropi tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga merambah ke Asia. Bersama Temasek Foundation Singapura dan Bill & Melinda Gates Foundation, Tanoto Foundation ikut menginisiasi lahirnya Philanthropy Asia Alliance yang bergerak dalam program pendidikan dan sosial di regional Asia.

Di aliansi filantropi ini, Tanoto Foundation memberikan komitmen donasi sebesar USD25 juta (setara Rp362 miliar) untuk periode 5 tahun.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4466 seconds (0.1#10.140)