UPNVJ Siap Gelar UTBK 2023, Kecurangan akan Ditindak Tegas

Rabu, 03 Mei 2023 - 14:15 WIB
loading...
UPNVJ Siap Gelar UTBK 2023, Kecurangan akan Ditindak Tegas
UPN Veteran Jakarta siap menggelar UTBK 2023. Foto/Dok/UPNVJ.
A A A
JAKARTA - UPN Veteran Jakarta akan menggelar dua gelombang UTBK yang dimulai 8 Mei ini. Pengawas akan memeriksa semua alat yang mencurigakan untuk menindak praktik kecurangan.

Gelombang pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) akan digelar pada 8-14 Mei 2023, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 22-28 Mei 2023.

Universitas Pembangunan Jakarta Veteran Jakarta ( UPNVJ ) akan memakai dua lokasi kampus sebagai lokasi ujian.

Yaitu Kampus Limo yang terletak di Jalan Limo Raya No. 7, Cinere, Depok. Dan lokasi kedua adalah Kampus Pondok Labu yang beralamat di Jalan RS Fatmawati No 1 Cilandak, Jakarta Selatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPNV J Dr. Drs. R. Dudy Heryadi mengatakan, saat ini persiapan UTBK untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di kampusnya sudah berjalan 90 persen.

Baca juga: Tata Tertib UTBK 2023 Sebelum hingga Selesai Ujian, Dilarang Datang Telat

"Kami sudah mempersiapkan komputer, mengecek kesiapan infrastruktur, aspek administratif, papan petunjuk dan lain-lain. Semua sudah sekitar 90 persen," katanya, dikutip dari laman UPNVJ, Rabu (3/5/2023).

Berbeda dari UTBK tahun sebelumnya, tidak ada lagi pengelompokan ujian dalam UTBK2023. Semua calon mahasiswa baru, apa pun jurusan mereka di sekolahnya, akan menjalani UTBK yang sama dengan empat mata pelajaran dengan durasi 195 menit.

Empat mata pelajaran itu adalah Tes Potensi Skolastik, Penalaran Matematik, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris. "Jadi apa pun jurusan mereka di SMA, ujiannya sama," ujarnya.

Saat pelaksanaan UTBK nanti, satu ruangan ujian minimal akan diisi dua pengawas. Terdapat juga teknisi komputer di tiap-tiap ruangan untuk mengantisipasi masalah teknis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)