Bangun SDM Unggul di Daerah, Untar Kolaborasi dengan Pemda Sediakan Beasiswa

Rabu, 03 Mei 2023 - 16:01 WIB
loading...
Bangun SDM Unggul di Daerah, Untar Kolaborasi dengan Pemda Sediakan Beasiswa
Untar menggelar Peringatan Hardiknas 2023 dan Halalbihalal di Auditorium Kampus Untar. Foto/Humas Untar.
A A A
JAKARTA - Untar berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menyediakan beasiswa untuk putra putri daerah. Beasiswa ini ditujukan untuk menghasilkan SDM unggul untuk membangun daerah.

Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof Agustinus Purna Irawan mengatakan, peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 baik dijadikan momen untuk meningkatkan pendidikan yang inklusif, bukan ekslusif.

Dalam hal ini, ujarnya, pendidikan harus inklusif sehingga bisa memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan dan meraih cita-cita terbaiknya.

Baca juga: Pertamina Hulu Rokan Buka Beasiswa Prestasi S2 ke AS, Cek Syarat dan Cara Daftar

"Pendidikan adalah untuk semua. Bukan sesuatu yang ekslusif tetapi inklusif untuk semuanya. Dan Untar ingin berkontribusi untuk mewujudkan pendidikan yang inklusif itu," katanya, dalam keterangan resmi, Rabu (3/5/2023).

Oleh karena itu, ujarnya, untuk memberi kesempatan kuliah yang sama bagi seluruh mahasiswa di penjuru Indonesia, Untar pun menggandeng pemerintah daerah untuk menyediakan beasiswa.

Dia menjelaskan, skema beasiswanya adalah beasiswa dari dana APBD. Namun, katanya, Untar akan tetap membantu biaya kuliah penerima beasiswa itu jika ada kendala pencairan dana dari APBD.

"APBD kadang tidak terlalu lancar tapi kami support terus sampai prosesnya berjalan. Jadi mahasiswa tidak perlu khawatir, silakan tetap kuliah di Untar," ucapnya.

Dia mengatakan, salah satu beasiswa dengan Pemda yang saat ini tengah berjalan adalah dengan Pemda Mahakam Ulu. 39 mahasiswa kini sedang menempuh studi di berbagai program studi di Untar.

Prof Agustinus juga menjelaskan, kampusnya juga mengembangkan skema beasiswa dengan yayasan dan organisasi nirlaba. Seperti beasiswa bagi para suster dari Flores yang ingin menjadi dokter namun ada kendala biaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)