6 Tips Saat Memilih Universitas Swasta Favorit, Nomor 1 dan 2 Paling Prioritas

Rabu, 03 Mei 2023 - 19:43 WIB
loading...
6 Tips Saat Memilih Universitas Swasta Favorit, Nomor 1 dan 2 Paling Prioritas
Binus University. Foto/Dok/Humas Binus
A A A
JAKARTA - Memilih universitas , baik itu swasta atau negeri yang tepat itu penting karena kalian akan menghabiskan 4 tahun hidupmu di kampus tersebut. Yuk disimak hal yang wajib diperhatikan saat memilih universitas swasta.

Tidak ingin kan sudah susah-susah daftar di pertengahan perkuliahan menyesal dan ingin berubah pikiran?



Berikut Tips memilih universitas swasta favorit:

1. Lokasi Universitas

Ketahui situasi, apakah kalian akan menyewa kos atau dormitory kampus? Apakah kamu memiliki kendaraan pribadi atau akan menggunakan transportasi umum? Apakah kampusnya dikelilingi dengan tempat penting seperti rumah sakit dan tempat makan?

Hal-hal ini perlu diperhatikan karena terutama bagi mahasiswa rantau, kampus yang dekat dengan tempat penting bisa membantu mengurangi bebanmu. Ini juga akan mengurangi biaya transportasi jika kampusmu dekat dengan tempat tinggalmu, tempat makan, dan lain-lain.

2. Reputasi Universitas

Reputasi tidak selalu kampus yang bergengsi atau ivy league. Tetapi kalian harus mengetahui apakah universitas yang kamu ingin daftar berprestasi? Apa akreditasinya? Hal ini penting karena kamu akan mengeluarkan biaya yang tidak murah.

Apakah uang yang kamu keluarkan sepadan dengan kualitas kampus? Kamu juga tidak akan mau belajar di kampus yang tidak berkualitas. Kamu juga dapat mencari review mengenai kampusmu. Apakah mahasiswanya puas? Apakah dosen-dosennya puas?


3. Proses administrasi

Mungkin kamu berpikir. Kenapa ini penting? Proses administrasi bisa menunjukkan bagaimana kualitas staf di universitas loh. Perhatikan apakah proses administrasinya terlalu gampang? Apakah staf administrasinya membantu kamu melewati proses administrasi?

Bagaimana customer service staff administrasi sang kampus? Kalau dari administrasinya saja sudah berantakan dan tidak jelas, bagaimana dengan hal-hal lain?

4. Fasilitas Universitas

Setelah menemukan kampus yang kalian inginkan dan jurusannya, jangan lupa untuk mencari tahu apa saja fasilitas yang dimiliki kampusnya? Untuk mencari tahu apakah kampusmu memiliki fasilitas yang memadai, coba bandingkan kampus pilihanmu dengan kampus-kampus yang lain.

Dari situ kalian bisa melihat apakah kampus pilihanmu memiliki fasilitas yang terlengkap? Atau justru kampus lain memiliki fasilitas yang bisa membantu proses pembelajaran lebih baik?

Fasilitas yang perlu kalian perhatikan tidak hanya fasilitas lokasi atau teknologi. Cari tahu juga fasilitas yang lebih mengarah pada non-akademis seperti layanan counseling, layanan untuk membantu mahasiswa mencari karier yang tepat, dan lain-lain.

Universitas yang baik tidak hanya memikirkan pelajaran tetapi kenyamanan dan kesehatan mahasiswanya.

5. Kurikulum dan Kelas Jurusan

Ini adalah salah satu tips terpenting saat memilih universitas swasta. Saat melihat program studi kampus yang ingin kamu pilih, jangan hanya melihat jenis-jenis fakultas dan program studinya saja.

Lihat juga kurikulumnya dan kelas/materi apa saja yang akan dipelajari? Ini akan membantu kalian mengetahui apakah pelajarannya bisa memenuhi kebutuhan kamu untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang jurusanmu.

Bandingkan kurikulum dan kelas dari berbagai kampus untuk melihat kampus mana yang memiliki materi yang paling cocok untuk kamu. Jangan sampai kamu menyesal di tengah jalan!

6. UKM dan Organisasi Kampus

Kehidupan kampus itu 50% belajar dan 50% organisasi. Jangan lupa untuk mencari tahu organisasi atau UKM apa saja yang ada di kampus pilihanmu. Misalkan kamu suka bermain basket, apakah kampusmu memiliki klub basket?

Seberapa aktif mereka? Apakah tim basket kampus tersebut berprestasi? Saat mencari kampus, pastikan kamu tidak hanya cocok dengan lokasi dan jurusan, tetapi UKM dan organisasinya juga.

Berikut tips saat memilih universitas swasta. Sebetulnya, tips yang disebutkan di atas itu berlaku untuk semua jenis universitas ya. Intinya, kalian harus melakukan sebanyak riset mungkin saat mencari kampus yang terbaik untuk kamu.

Mengetahui gedung dan jurusan tidak cukup, pastikan bahwa kampus pilihanmu bisa membantu bertumbuh, membangun koneksi, dan mencapai target pembelajaran dan karir di masa depan.

Nah, sekarang kalian sudah paham hal yang wajib diperhatikan ketika memilih universitas, semangat mencari universitas impianmu dan jangan menyerah!
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)