Tak Suka Matematika? Simak 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kalian

Rabu, 03 Mei 2023 - 18:59 WIB
loading...
Tak Suka Matematika? Simak 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kalian
Jurusan Matematika. Foto/Dok/Ist
A A A
JAKARTA - Matematika merupakan pelajaran yang sudah kita dapatkan sejak berada di bangku Sekolah Dasar. Namun, banyak dari kita yang tidak menyukai atau sadar bahwa tidak memiliki minat pada matematika. Apakah kalian salah satunya? Simak, rekomendasi jurusan kuliah tanpa matematika.

Matematika sendiri sebenarnya tidak bisa dipisahkan dalam aspek kehidupan. Tanpa disadari, hidup kita juga merupakan sebuah matematika, segala kemungkinan dan logika yang ada di dalamnya berkaitan erat dengan matematika.



Banyak dari kita, calon mahasiswa yang kurang tertarik dengan proses penghitungannya. Namun, tenang saja masih ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk kalian, berikut penjelasannya.

Jurusan Kuliah Anti Matematika

Hal yang perlu disadari adalah setiap jurusan perkuliahan mungkin akan selalu ada matematika di dalamnya. Hal ini disebabkan karena kalian masih membutuhkan proses penghitungan dalam penyusunan skripsi, sebagai salah satu syarat kelulusan. Jadi, kesimpulannya kalian akan tetap bertemu matematika namun dalam level dasar saja.

Lalu, jurusan apa saja yang minim Matematika?


1. Sastra

Biasanya pada beberapa perguruan tinggi, jurusan Sastra memiliki kesamaan dengan Bahasa. Bedanya ketika di jurusan Bahasa, kalian akan belajar juga mengenai teori dan cara pengajaran bahasa. Jurusan Sastra sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang tata bahasa, gaya bahasa, penulisan, dan lain-lain.

Ketika kalian memilih jurusan Sastra kalian tidak perlu mempelajari matematika secara lebih mendalam. Pada jurusan ini, mahasiswa juga diajarkan tentang sejarah bahasa, kehidupan masyarakat dan sejarah negara tersebut, serta arti-arti terjemahan bahasa dan sastra.


2. Ilmu Filsafat

Kalian malas berhitung namun seorang yang kritis dan tertarik pada berpikir? Kalian bisa memilih jurusan Ilmu Filsafat ini. Filsafat sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara berpikir.

Ibaratnya, jurusan ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang ilmu. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Program Studi Ilmu Filsafat di dalamnya.

Ilmu Filsafat memiliki berbagai macam cabang. Namun, filsafat dasar selalu diajarkan di dalamnya. Mahasiswa Ilmu Filsafat akan dibekali kemampuan berpikir kritis, bernalar logis, observasi, hingga melakukan analisis. Bagi kalian yang tidak menyukai proses berhitung matematika, kalian bisa menjadikan jurusan Ilmu Filsafat sebagai referensi jurusan tanpa matematika.

3. Ilmu Sejarah

Sejarah merupakan salah satu jurusan yang banyak berada di perguruan tinggi. Sejarah bisa menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang tidak menyukai pelajaran Matematika. Jurusan ini mempelajari tentang segala peristiwa di masa lampau yang memiliki nilai atau makna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)