Kisah Agil, Anak Petani yang Bermimpi Kuliah di Luar Negeri Akhirnya Terwujud

Kamis, 04 Mei 2023 - 20:50 WIB
loading...
Kisah Agil, Anak Petani yang Bermimpi Kuliah di Luar Negeri Akhirnya Terwujud
Beasiswa IISMA. Foto/Dok/Ist
A A A
JAKARTA - Tekad dan semangat Agil Abbiyu, mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), Sumatra Selatan untuk bisa mengenyam pendidikan terbaik sudah tercapai.

Melalui program Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ), Agil yang merupakan anak dari seorang petani ini mendapatkan beasiswa untuk merasakan belajar di luar negeri.



Agil berhasil mendapat beasiswa IISMA dan akan berangkat ke Korea Selatan pada pertengahan Agustus mendatang. Di negeri ginseng tersebut, Agil akan belajar di Daegu Catholic University selama satu semester.

Ia akan belajar tentang ilmu perhotelan, seperti hotel case study, hotel customer behaviour, dan tourism product planning. Agil juga akan belajar di kelas bahasa Korea.

“Sebenarnya kampus tersebut merupakan pilihan kedua, yang pertama di Ulsan. Akan tetapi, ini sudah Alhamdulillah karena ini merupakan beasiswa impian yang sudah saya ikrarkan satu tahun sebelum IISMA 2023,” kata Agil dilansir dari website Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan pada Kamis (4/5/2023).



Perjuangan Agil untuk mendapatkan beasiswa IISMA ini sendiri tidak mudah. Kisah perjuangan Agil untuk meraih pendidikan terbaik sejatinya sudah dimulai sebelum ia masuk Politeknik Negeri Sriwijaya.

“Saya dari keluarga petani sederhana. Jadi, untuk melanjutkan kuliah saja saya harus berjuang agar dapat beasiswa dan bisa kuliah gratis,” kata Agil yang merupakan mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Polsri.

Meskipun berasal dari keluarga sederhana, kedua orang tua Agil senantiasa memberikan semangat dan dukungan penuh agar Agil bisa terus menuntut ilmu setinggi-tingginya. Kedua orang tua Agil ingin putra sulung mereka ini bisa mengubah nasib dan mengangkat martabat keluarga dengan pendidikan yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)