Universitas Ini Punya Kampus Lebih dari Satu Lokasi, Nomor 1 dan 5 Paling Diburu

Senin, 08 Mei 2023 - 23:05 WIB
loading...
Universitas Ini Punya Kampus Lebih dari Satu Lokasi, Nomor 1 dan 5 Paling Diburu
Perkuliahan di Kampus ITB Jakarta. Foto/Dok/ITB
A A A
JAKARTA - Sebuah universitas umumnya berdiri di satu lokasi. Namun, ada beberapa universitas di Indonesia yang memiliki kampus di lebih dari satu lokasi, bahkan hingga 15 lokasi berbeda.



Berikut beberapa universitas yang memiliki kampus lebih dari satu lokasi:


1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta. Bukan hanya di Yogya, UGM juga membuka kampus di Jakarta tepatnya di jalan Dr Saharjo, Tebet.

Kampus di Tebet, Jakarta Selatan ini dibuka pada 1 Agustus 2010 dengan terdiri dari 9 lantai, 25 ruang kelas, 18 ruang diskusi, auditorium, dan ruangan pendukung akademik. Kampus tersebut menjadi lokasi belajar bagi mahasiswa dua prodi, yakni Magister Ilmu Hukum dan Magister Manajemen.

2. Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) adalah perguruan tinggi negeri atau PTN yang berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah. Sebagian besar gedung kampus dan kantor rektoratnya terletak di Purwokerto.

Namun, Unsoed juga memiliki kampus di lokasi atau kota lain, yakni Purbalingga. Meskipun berdekatan, namun mahasiswa Fakultas Teknik di Purbalingga harus menempuh waktu 1 jam perjalanan jika ada keperluan di gedung rektorat.


3. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma adalah salah satu institusi pendidikan tinggi dengan jumlah kampus banyak. Melansir data yang ada di laman UGPedia, total ada 15 kampus Universitas Gunadarma yang tersebar di 15 lokasi berbeda. Kampus-kampus tersebut berada di Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Karawaci.

Sementara itu, gedung rektoratnya berada di Depok, Jawa Barat. Seluruh kampusnya terletak di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau. Universitas Gunadarma masuk dalam jajaran universitas swasta terbaik di Indonesia.

Selain itu, UG juga masuk dalam 20 universitas dengan kategori Website Terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia versi Webometrics Rank 2021.

4. Universitas Paramadina

Selanjutnya, ada Universitas Paramadina yang juga memiliki lokasi kampus di lebih dari satu lokasi. Kampus pusat dan rektoratnya berada di Jalan Gatot Subroto, Mampang, Jakarta.

Sedangkan lokasi kampus lainnya yang dimiliki Universitas Paramadina adalah di Cipayung, Jakarta Timur dan Meikarta Distrik 2, Cikarang, Bekasi. Namun, kampus di Cipayung hanya diperuntukkan untuk Fakultas Ilmu Rekayasa.

Universitas Paramadina hanya memiliki 3 fakultas dengan 8 prodi, seperti Fakultas Falsafah dan Peradaban (prodi Falsafah dan Agama, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Psikologi), Fakultas Manajemen dan Bisnis (prodi Manajemen), dan Fakultas Ilmu Rekayasa (prodi Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Informatika).

5. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan kampus yang telah menyelenggarakan pendidikan tinggi selama lebih dari 100 tahun, sejak didirikan pada 1920 dengan nama De Technische Hoogeschool te Bandung.

ITB memiliki beberapa lokasi kampus, yaitu Kampus 1 di Kota Bandung, Kampus 2 di Jatinangor-Sumedang, Kampus 3 di Cirebon, dan Kampus 4 di Jakarta.

Kampus ITB di Jakarta adalah untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen program Master of Business Administration, yang terletak di Jalan HR Rasuna Said Kav. 1-2, Jakarta Selatan, tepatnya di TK Low Center for Executive Education, Gedung Graha Irama Lantai 12.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)