IPB Jadi Host National University Debating Championship Regional Selection 2023

Selasa, 09 Mei 2023 - 17:49 WIB
loading...
IPB Jadi Host National University Debating Championship Regional Selection 2023
IPB University menjadi host dalam National University Debating Championship (NUDC) Regional Selection 2023. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - IPB University menjadi host dalam National University Debating Championship (NUDC) Regional Selection 2023. Kompetisi ini merupakan ajang debat bergengsi generasi muda mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Prof drh Deni Noviana, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan membuka secara resmi pelaksanaan seleksi NUDC 2023 . Ia menguraikan, seleksi wilayah dua terdiri dari 95 perguruan tinggi dengan 283 peserta yang berlaga dari tanggal 6 hingga 8 Mei 2023.



“Ada terdapat banyak keterampilan dan pengetahuan yang dapat diperoleh oleh mahasiswa selama mengikuti kegiatan ini. Di antaranya kemampuan berpikir kritis mengenai isu-isu nasional, public speaking dan diplomasi,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, kompetensi tersebut dibutuhkan oleh lulusan perguruan tinggi saat memulai karier sebagai profesional. Melalui kompetisi ini, diharapkan lahirnya insan-insan muda dengan pemikiran kritis yang menjadi tonggak perubahan bangsa di masa depan.

Ajang kompetisi debat tahunan yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) ini diadakan sekaligus sebagai wadah pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang debat dan diplomasi.



Seluruh pemenang yang ditetapkan oleh juri akan menjadi perwakilan yang akan berlaga di tingkat nasional tahun 2023.

Kepala BPTI, Asep Sukmayadi mengapresiasi IPB University atas kesediaannya menjadi bagian dari tahapan seleksi talenta muda Indonesia. “Kesuksesan seleksi ini tidak luput dari peran IPB University sebagai katalisator dalam mengembangkan talenta generasi muda di kompetisi NUDC 2023,” ujarnya.

Kegiatan ini, ia menjelaskan, dapat mencerminkan asahan perguruan tinggi dalam membimbing calon pemimpin bangsa. Ia memproyeksikan, generasi muda memiliki kemampuan pasca pandemi berupa keterampilan berbasis soft skill untuk sukses.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6121 seconds (0.1#10.140)