Besaran Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:04 WIB
loading...
Besaran Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Masih ada kesempatan untuk calon mahasiswa yang ingin masuk Universitas Indonesia yaitu melalui jalur mandiri atau dikenal dengan SIMAK UI.

SIMAK UI atau Seleksi Masuk UI merupakan ujian seleksi terpadu yang diselenggarakan UI untuk calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di Universitas Indonesia.



Selain Program Sarjana, SIMAK UI membuka Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Kelas Khusus Internasional (S1 KKI), Sarjana dan Vokasi dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (S1 RPL & Vokasi RPL), Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor.

Calon mahasiswa yang ingin mengikuti SIMAK UI diimbau untuk mengetahui jadwal pendaftaran serta pelaksanaan SIMAK UI agar dapat mempersiapkan diri. Pendaftaran akan dimulai pada Juni-Juli 2023, sedangkan pelaksanaan ujian pada Juli 2023.

Selain mengetahui jadwal pendaftaran dan pelaksanaan, calon mahasiswa juga perlu mengetahui besaran biaya kuliah jika diterima melalui jalur mandiri. Biaya kuliah di UI tidak didasarkan pada jalur masuk, melainkan ditetapkan berdasarkan program pendidikan. Biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal, jadi cukup membayar biaya per semester atau UKT.



Berdasarkan Keputusan Rektor UI Nomor 402/SK/R/UI/2023 mengenai tarif biaya pendidikan bagi mahasiswa program sarjana dan program vokasi jalur seleksi nasional TA 2023/2024, terdapat rincian UKT yang dibagi menjadi 11 kelas.

Hal ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya ada 6 kelas UKT. Berikut rincian tarif pendidikan UKT Universitas Indonesia jalur seleksi nasional tahun 2023/2024, sebagai gambaran biaya kuliah jalur mandiri UI.


Rumpun Sains Teknologi dan Kesehatan

(Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika & IPA, Teknik, dan Ilmu Komputer)

Kelas 1 : Rp0 - Rp500.000
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)