Metaverse Masuk Sekolah, Siswa Dikenalkan dengan Teknologi Futuristik

Sabtu, 13 Mei 2023 - 14:27 WIB
loading...
Metaverse Masuk Sekolah, Siswa Dikenalkan dengan Teknologi Futuristik
Siswa-siswi mengakses pulau-pulau karya mereka di metaverse dengan menggunakan VR Goggle. Foto/Regina Pacis Solo.
A A A
JAKARTA - SMA Regina Pacis Solo memadukan metaverse dengan pedagogi project base learning dalam proses pembelajarannya. Teknologi futuristik ini menjadi bekal pengetahuan siswa dalam menghadapi masa depan.

Pakar Teknologi Informasi Prof Richardus Eko Indrajit mengatakan, SMA Regina Pacis Solo adalah sekolah pertama dan satu-satunya yang memadukan metaverse dengan pedagogi Project Base Learning.

Hal ini disampaikannya pada seminar Parenting yang diadakan dalam Expo Teknologi Gelar Karya Project IL3 & P5 SMA Regina Pacis Solo. Berbicara di hadapan kurang lebih 700 orang tua siswa, dia memberikan pembekalan dalam menghadapi kemajuan teknologi pada pendidikan anak-anak.

Diadakan pada Jumat 12 Mei 2023 di Auditorium, gelar karya bertema Innovation For Better Future ini menampilkan 60 pulau metaverse karya 334 orang siswa dan siswi kelas XI.

Baca juga: Menginspirasi, 3 Siswa MAN 4 Jakarta Diterima di 13 Universitas Top Dunia

Pulau-pulau ini berisi aneka artefak 3-dimensi yaitu bangunan, furniture, lanskap, dan kendaraan, yang dibuat dalam tema gaya hidup yang berkelanjutan. Selain itu dalam gelar karya kali ini, para siswa kelas X menampilkan hasil karya penerapan robotic (Leanbot) dan penggunaan printer 3D untuk tema yang sama.

Veronica Sri Andayani selaku Ketua Yayasan Winayabhakti Solo mengatakan, penerapan teknologi dalam Integrated Learning sudah dimulai sejak 2021. Ini merupakan proses yang menarik dan diharapkan mampu semakin mengasah kemampuan abad ke-21 pada anak-anak.

"Yaitu kemampuan berkolaborasi karena proyek dibuat dalam kelompok, kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis dan kreatif karena teknologi metaverse serta robotic membutuhkan logika algoritma yang sangat menantang,” katanya, dalam keterangan resmi, Sabtu (13/5/2023).

Super mentor dari Medusa Technology Maria Magdalena menambahkan, dalam pelatihan metaverse yang dijalani siswa-siswi ini mengatakan, pembuatan pulau-pulau ini adalah melalui pelatihan metaverse building yang mereka tempuh sejak 27 Februari hingga 17 Maret 2023.

Baca juga: 5 Siswa MAN 2 Kota Makassar Lolos Ajang Matematika Internasional di Korea Selatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)