4 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di UI dan UGM, Peluang Masuknya Cukup Besar

Senin, 15 Mei 2023 - 12:02 WIB
loading...
4 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di UI dan UGM, Peluang Masuknya Cukup Besar
Jurusan Kriminologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa sebelum memilih jurusan kuliah biasanya mempertimbangkan sejumlah faktor, di antaranya sesuai minat dan bakat serta memiliki prospek kerja yang bagus.

Di antara pilihan yang dapat ditempuh untuk mencapai jurusan impian tersebut juga cukup beragam. Untuk kampus negeri , kita dapat memilih jalur SNBP, SNBT, dan alternatif terakhir adalah Seleksi Mandiri.



Kemudian, memilih kampus negeri juga memerlukan pertimbangan yang matang. Mulai dari jumlah peminat, kuota atau daya tampung, hingga berbagai pertimbangan pribadi seperti kota tempat belajar dan biaya hidup seluruhnya layak masuk perhitungan.

Nah, bagaimana bila pada tahap ini kita tak punya pilihan. Meski begitu ada beberapa jurusan yang hanya ada di satu satu kampus saja di Indonesia. Berikut jurusan-jurusan yang hanya ada di UI dan UGM.


Jurusan kuliah hanya ada di UI dan UGM:


1. Sastra Belanda, UI

Belajar Sastra Belanda bukan berarti kita tidak memiliki semangat nasionalisme yang cukup. In fact, they may not related to each other in any way.



Justru keberadaan Sastra Belanda bisa menjadi salah satu alternatif pilihan belajar sastra asing selain Inggris, Perancis, Korea, Jepang, Arab, dan lain sebagainya.

Hanya ada di UI, Sobat berpeluang menjadi mahasiswa baru di jurusan Soshum ini.

2. Kriminologi, UI

Kriminologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang tindak kriminal dan kejahatan. Ingin menjadi mahasiswa Kriminologi UI? Sayangnya, Kriminologi di kampus negeri saat ini masih ada di Universitas Indonesia saja. Akreditasi jurusannya pun sudah A.

Bagaimana dengan kampus swasta ? Masih ada dua PTS yang memiliki Jurusan atau Program Studi Kriminologi di Indonesia, yaitu Universitas Budi Luhur dan Universitas Islam Riau. Kriminologi pada kedua PTS tersebut saat ini memiliki akreditasi B.

3. Kartografi dan Penginderaan Jauh, UGM

Di jurusan ini kita belajar untuk memahami fenomena, gejala, dan informasi yang ada di permukaan bumi tanpa harus bersentuhan langsung. Terakreditasi A, Kartografi dan Penginderaan Jauh menjadi bagian dari Fakultas Geografi UGM. Hanya ada satu ini di seluruh Nusantara.

Karena tak ada PTS yang menawarkan jurusan atau prodi ini, sudah siapkah Sobat beradu memperebutkan salah satu kursi tersebut.

4. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada

Apakah kalian selalu memperoleh nilai memuaskan pada mata pelajaran Fisika dan Matematika? Punya minat yang tinggi untuk belajar tentang nuklir? Nah, mungkin ini jurusan yang tepat untukmu.

Teknik Nuklir adalah jurusan atau prodi yang hanya ada di UGM – tak ada di PTN lain maupun PTS. Memilih belajar dan mendalami ilmu pada bidang yang tak banyak dilirik orang membutuhkan nyali yang tangguh.

Tapi yang lebih penting lagi, pastikan pilihan jurusan kuliahmu jatuh setelah melewati berkali-kali pertimbangan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3965 seconds (0.1#10.140)