10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan TNI AL, Pilihan Karier Masa Depan

Selasa, 16 Mei 2023 - 09:48 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan TNI AL, Pilihan Karier Masa Depan
TNI Angkatan Laut (AL). Foto/Dok/TNI AL
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang dibutuhkan TNI Angkatan Laut (AL) rupanya tidak hanya datang dari Akademi Militer saja. TNI AL sempat membuka lowongan Perwira Prajurit Karier yang terbuka bagi tiap warga negara Indonesia.

Baik pria atau wanita lulusan D4, S1, hingga S2 dapat mendaftarkan diri sesuai jurusan kuliah yang dibutuhkan. Dilansir dari rekrutmen-tni.mil.id, terdapat 10 jurusan kuliah yang dibutuhkan.



Hal ini tentu tak menutup kemungkinan akan dibuka lagi pada tahun berikutnya. Meskipun banyak jurusan yang dibutuhkan, namun terdapat beberapa program studi yang ilmunya cocok untuk diterapkan di lingkungan TNI AL .


Berikut 10 jurusan kuliah yang dibutuhkan TNI AL:


1. Analis Intelijen

Analis Intelijen merupakan jurusan yang mempelajari tentang perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, dengan penekanan pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis. Seorang Intelijen tentu sangat dibutuhkan di dunia pertahanan seperti TNI dan Polri.

Hanya terdapat satu Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini yaitu Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Sekolah kedinasan yang dinaungi Badan Intelijen Negara (BIN).

2. Kedokteran Umum

Jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI. Namun demikian, perlu diketahui bahwa mereka yang sudah menempuh S1 Kedokteran Umum masih harus memiliki ijazah profesi. Bagi mereka yang lulus ijazah profesi di jurusan ini, IPK minimal adalah 2,10.


3. Teknik Informatika

Tak heran, banyak sekali para lulusan SMA atau SMK yang ingin menempuh pendidikan ini. Tugas lulusan Manajemen Informatika di TNI tentu sangat banyak, karena instansi negara ini memiliki banyak departemen yang membutuhkan tenaga ahli di bidang informatika.

4. Teknik Komputer

Sedikit berbeda dengan teknik informatika, teknik komputer ini akan lebih fokus pada pemeliharaan perangkat keras. Jurusan ini tentu tidak hanya muncul sebagai jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri. Namun, tentunya jurusan ini dibutuhkan dalam setiap pekerjaan.

5. Ilmu Hukum

Jurusan kuliah yang mempelajari berbagai macam pasal dan aturan ini tentu akan cocok bekerja sebagai penegak hukum seperti di TNI AL. Terlebih bila memiliki ilmu tentang hukum internasional.

Karena sebagai sosok pelindung masyarakat anggota TNI wajib mengetahui tentang hukum baik yang ada di Indonesia maupun Internasional. Telah banyak universitas yang menyediakan universitas ini, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, hingga Universitas Brawijaya.

6. Psikologi

Dalam dunia kemiliteran juga diperlukan akan adanya psikologi untuk keperluan seleksi penerimaan dan sebagainya.

Karena itu jurusan ini tak luput dari dunia militer. Jurusan kuliah ini telah banyak tersedia di Indonesia, beberapa yang terbaik berada di Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Airlangga.

7. Teknik Sipil

Prodi yang mempelajari perancangan, manufaktur, pengelolaan, dan konservasi fasilitas ini rupanya diperlukan dalam pertahanan Indonesia. Bahkan Akademi Militer juga membuka jurusan yang sama.

Beberapa universitas yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, hingga Binus University.

8. Ilmu Ekonomi

Bidang ekonomi memang selalu penting di tiap lembaga tak terkecuali lembaga pertahanan seperti TNI AL. Beberapa perwira TNI bahkan punya gelar Ilmu Ekonomi.

Jurusan ini telah banyak juga tersebar di Indonesia, mulai dari di Universitas ternama seperti Universitas Indonesia hingga di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

9. Bahasa/Sastra Inggris

Pada era modern ini seseorang yang fasih dan mengerti tentang bahasa Inggris akan memiliki nilai lebih dalam setiap pekerjaan. Hal ini juga berlaku di TNI AL. Karena nantinya akan ada momen dimana harus menjalin kerja sama dengan militer asing.

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan masih banyak lainnya.

10. Pendidikan Jasmani/Olahraga

Berprofesi sebagai TNI tentulah musti memiliki kekuatan dan kemampuan fisik yang terlatih. Jurusan Pendidikan Olahraga/Jasmani ini tentu telah dibekali dengan kemampuan fisik yang terlatih sehingga dipastikan tidak akan kaget ketika masuk ke dunia militer.

Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Yogyakarta adalah beberapa nama Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)