10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan TNI AU, Bisa Jadi Referensi Calon Perwira Karier

Senin, 15 Mei 2023 - 19:58 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan TNI AU, Bisa Jadi Referensi Calon Perwira Karier
TNI Angkatan Udara (AU). Foto/Dok/TNI AU
A A A
JAKARTA - TNI AU menerima calon perwira karier yang berasal dari jurusan kuliah di luar Akademi Angkatan Udara. Pria atau wanita lulusan D4, S1, hingga S2 dapat mendaftar menjadi perwira karier TNI AU.

Program ini diadakan setahun sekali dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. Berikut adalah 10 jurusan kuliah yang memenuhi kriteria untuk mendaftar sebagai perwira karier TNI AU.



10 jurusan sesuai kriteria untuk mendaftar sebagai perwira karier TNI AU:


1. Kedokteran

Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan yang dibutuhkan di TNI AU. Terdapat dua program studi yang diterima, yaitu kedokteran umum dan kedokteran gigi. Pendaftar harus memiliki ijazah profesi untuk memasuki program ini.

2. Farmasi/Apoteker

Jurusan farmasi merupakan jurusan kuliah yang berkesinambungan dengan jurusan kedokteran. Sama seperti kedokteran, jurusan ini memerlukan ijazah profesi terlebih dahulu.

3. Matematika

Jurusan kuliah ini sangat diperlukan oleh TNI AU untuk menghitung perkiraan konsumsi bahan bakar pesawat, kecepatan rudal, dan hal lain yang memerlukan penghitungan spesifik. Lulusan Jurusan Matematika dari berbagai universitas dapat mendaftar sebagai perwira karier.


4. Geografi

Lulusan program studi geografi dapat mendaftar sebagai perwira karier TNI AU. Jurusan ini sangat dibutuhkan bagi angkatan udara, terutama terkait dengan meteorologi dan klimatologi.

5. Ilmu Hukum

TNI AU juga membuka kuota bagi lulusan ilmu hukum. Ilmu hukum sangat dibutuhkan dalam tubuh militer, terutama hukum internasional. Jurusan ilmu hukum menjadi salah satu jurusan terbanyak yang dapat mendaftar TNI AU karena jurusan ini memiliki lulusan yang cukup banyak di Indonesia.

6. Teknik Penerbangan

Jurusan kuliah ini sangat dibutuhkan oleh TNI AD, AL, dan AU. Untuk TNI AU, dibutuhkan setidaknya tiga lulusan. Terdapat beberapa sekolah penerbangan yang mengadakan program studi ini, yakni STPI Curug, Politeknik Penerbangan Surabaya, Bandung Pilot Academy, dan masih banyak lagi.

7. Pemandu Lalu Lintas Udara

Jurusan ini dibutuhkan untuk mengatur dan mengawasi lalu lintas serta aktivitas udara di sekitar Lanud melalui Menara Air Traffic Control (ATC). Jurusan kuliah ini juga terdapat di sekolah penerbangan di Indonesia.

8. Sastra Inggris

Kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan di zaman modern seperti ini. Hal ini bertujuan untuk berkomunikasi dengan militer negara lain, serta memaksimalkan penggunaan alutsista buatan luar negeri yang instrumennya berbahasa Inggris.

9. Psikologi

Sama halnya dengan dunia sipil, psikologi sangat dibutuhkan untuk proses perekrutan anggota baru. Banyak universitas di Indonesia yang menyediakan program studi ini, contohnya adalah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia, dan masih banyak lagi.

10. Teknik Komputer

Jurusan ini juga sangat dibutuhkan TNI AU. Di zaman modern ini, komputer menjadi alat pendukung utama pada bidang kemiliteran. Lulusan jurusan ini nantinya bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan perawatan perangkat keras.

Itulah 10 jurusan kuliah yang dibutuhkan TNI Angkatan Udara. Bagi lulusan jurusan di atas, maka dapat mendaftarkan diri menjadi perwira karier TNI AU.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)