4 Prodi Untirta Raih Sertifikasi Internasional dari Asean University Network Quality Assurance

Selasa, 16 Mei 2023 - 18:36 WIB
loading...
4 Prodi Untirta Raih Sertifikasi Internasional dari Asean University Network Quality Assurance
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Foto/Dok/Untirta
A A A
JAKARTA - Empat program studi (Prodi) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ( Untirta ) berhasil meraih sertifikasi internasional dari Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA) dengan predikat “Adequate as Expected”.

Keempatnya adalah, Teknik Industri (Fakultas Teknik), Administrasi Publik (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Pendidikan Matematika (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), dan Pendidikan Non-Formal (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).



Raihan ini membuktikan keseriusan Untirta dalam meningkatkan penjaminan mutu pendidikan tinggi sesuai dengan visi Untirta, yakni “Terwujudnya Untirta sebagai Integrated Smart and Green (It’S Green) University yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing di Kawasan ASEAN tahun 2030”.

Sertifikasi ini diraih setelah keempat program studi menjalani assessment pada 24-25 Maret 2023 dan 27-31 Maret 2023. Sebelumnya diawali dengan kunjungan Verifikator Lokal AUN-QA, Dr. Sabarinah, MD., M.Sc., dari Universitas Indonesia yang meninjau perkembangan pembangunan fisik dan SDM Untirta pada tanggal 24 Maret 2023.

Rangkaian assessment dilanjutkan dengan observasi dan wawancara antara Tim Assessor AUN-QA dengan unit-unit di lingkungan Untirta pada 27 Maret 2023. Kemudian, diakhiri dengan Closing Sessions Visitasi AUN-QA yang diselenggarakan secara daring dan luring pada 31 Maret 2023.



Adapun kriteria penilaian pada sertifikasi ini mencakup Expected Learning Outcomes, Programme Structure and Content, Teaching and Learning Approach, Student Asessment, Academic Staff, Student Support Service, Facilities and Infrastructure, dan Output and Outcome.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST, MT menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam memperoleh proses sertifikasi internasional.

Ia berharap pencapaian ini mampu memotivasi program studi lainnya di Untirta untuk turut meraih sertifikasi internasional.

“Secara pribadi dan institusi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua yang terlibat yang telah berjuang mendapat pengakuan sertifikasi internasional AUN-QA. Hal ini membuktikan bahwa mutu layanan Tridharma Perguruan Tinggi kita, khususnya keempat prodi tersebut sudah setara dan memiliki kesiapan daya saing international,” ucapnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)