Tips Belajar Efektif, Bisa Dongkrak Pemahaman Siswa di Kelas

Rabu, 17 Mei 2023 - 14:14 WIB
loading...
Tips Belajar Efektif, Bisa Dongkrak Pemahaman Siswa di Kelas
Tips belajar efektif untuk anak. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Seorang siswa atau mahasiswa perlu meningkatkan pemahaman saat belajar di kelas. Dengan tingkat pemahaman yang baik, maka penyerapan materi dan kemampuan menjawab soal-soal ujian juga akan dilalui tanpa halangan.

Lantas, bagaimana cara belajar yang efektif agar pemahaman di kelas meningkat? Berikut 3 tips yang bisa diterapkan ke siswa atau mahasiswa.

1. Fokus dan Jangan Mengerjakan Hal Lain

Fokus adalah hal yang sangat penting ketika belajar, terutama saat di dalam kelas. Usahakan untuk tidak mengerjakan hal lain apalagi bermain gawai.

Melansir laman Oxford Summer Courses, gawai atau telepon genggam akan sangat berdampak pada turunnya konsentrasi belajar. Bukannya mencari materi belajar, biasanya malah hanya akan membuka media sosial dan mengacaukan konsentrasi belajar.

Agar tidak terjerumus untuk memainkan gawai, sebaiknya pilih tempat duduk paling depan, dekat dengan dosen atau guru. Selain itu, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat juga bisa meningkatkan konsentrasi selama di kelas. Jangan lupa untuk selalu membawa air putih demi terhindar dari dehidrasi.

2. Rajin Berdiskusi

Membaca materi atau buku tidak cukup untuk meningkatkan pemahaman pelajar di kelas. Maka dari itu, seorang siswa atau mahasiswa harus rajin berdiskusi, baik dengan teman sekelas, pengajar, maupun grup diskusi lainnya.

Melansir laman The Learning Center University of North Carolina at Chapel Hill, membaca ulang buku atau catatan hanya akan membuat seseorang cepat lupa dan bukan merupakan tips belajar yang efektif.

Karenanya, Anda harus bisa mengimplementasikan hasil bacaan atau penyampaian materi di kelas dalam bentuk diskusi. Jika perlu, kritisi materi tersebut dan menanyakannya ke teman atau pengajar. Selain meningkatkan pemahaman, model belajar ini juga akan memperkuat ingatan.

3. Jangan Malu Bertanya

Kebanyakan siswa di sekolah atau mahasiswa di kampus merasa malu ketika ingin bertanya perihal materi yang baru saja disampaikan. Padahal, rasa malu tersebut akan merepotkan di kemudian hari karena materi yang belum dipahami.

Oleh sebab itu, jangan pernah malu untuk bertanya di kelas. Jika malu bertanya secara spontan, dapat disiasati dengan menulis pertanyaan di kertas dan membacakannya ke dosen atau guru. Jika hal itu sudah sering dilakukan, maka pelajar akan terbiasa bertanya dan mengkritisi materi yang disampaikan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5105 seconds (0.1#10.140)