5 Perbedaan AKMIL dan SECAPA untuk Lulusan SMA/SMK

Rabu, 17 Mei 2023 - 15:19 WIB
loading...
5 Perbedaan AKMIL dan SECAPA untuk Lulusan SMA/SMK
Akademi Militer (Akmil). Foto/Dok/Akmil
A A A
JAKARTA - Ada beberapa perbedaan AKMIL dan SECAPA yang harus diketahui. Akmil dan SECAPA adalah dua akademi militer yang berbeda di Indonesia.

Berikut adalah perbedaan antara AKMIL dan SECAPA

1. AKMIL adalah Akademi Militer yang didirikan pada tahun 1945 dan terletak di Magelang, Jawa Tengah. Sedangkan SECAPA adalah Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat yang didirikan pada tahun 1964 dan terletak di Bandung, Jawa Barat.

2. AKMIL adalah akademi militer untuk semua cabang TNI (Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara), sedangkan SECAPA hanya untuk calon perwira TNI Angkatan Darat.



3. AKMIL merupakan institusi pendidikan militer yang menghasilkan lulusan yang memiliki pangkat sebagai Letnan Dua atau Letnan Satu, sedangkan SECAPA hanya menghasilkan lulusan dengan pangkat Letnan Dua.

4. Waktu pendidikan di AKMIL berlangsung selama 4 tahun, sedangkan di SECAPA berlangsung selama 9 bulan.

5. AKMIL memiliki seleksi yang sangat ketat dan kompetitif, dengan hanya sedikit calon yang diterima setiap tahunnya. Sedangkan di SECAPA, proses seleksi dan penerimaan siswa lebih mudah dan terbuka untuk masyarakat umum yang ingin bergabung dengan TNI Angkatan Darat.



Dalam kesimpulannya, AKMIL dan SECAPA memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal tujuan, kurikulum, dan proses seleksi serta jenjang karier lulusannya.

Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan calon-calon perwira TNI yang memiliki integritas, keahlian dan kualitas kepemimpinan yang baik.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2981 seconds (0.1#10.140)