Berkat Beasiswa Bidikmisi, Mahasiswa Program Profesi Ners ini Jadi Wisudawan Terbaik Unpad

Kamis, 18 Mei 2023 - 12:09 WIB
loading...
Berkat Beasiswa Bidikmisi, Mahasiswa Program Profesi Ners ini Jadi Wisudawan Terbaik Unpad
Mahasiswa program studi Keperawatan Fkep Unpad Rohman Hikmat. Foto/Laman Unpad.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa program studi Keperawatan Fkep Unpad Rohman Hikmat meraih predikat sebagai Wisudawan Terbaik Profesi Ners Unpad. Ketika menjadi mahasiswa Unpad, Rohman merupakan penerima beasiswa Bidikmisi yang diperolehnya sejak kuliah sarjana.

Rohman Hikmat mendapat predikat sebagai Wisudawan Terbaik Program Profesi Ners Fakultas Keperawatan (Fkep) Universitas Padjadjaran (Unpad) pada Upacara Wisuda Gelombang III Unpad sesi 5, Rabu (17/5/2023).

Rohman masuk sebagai mahasiswa Program Studi Keperawatan Fkep Unpad pada 2017. Keinginan kuatnya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi mendorong alumnus SMAN 1 Cisarua tersebut mendaftar lewat Program Bidikmisi. Ia pun diterima sebagai penerima Bidikmisi di Unpad sekaligus menjadi orang pertama di keluarganya yang berkuliah.

“Waktu pertama informasinya tergambar jelas bahwa penerima Bidikmisi dapat biaya UKT dan biaya hidup per bulannya,” kata Rohman, dikutip dari laman Unpad, Kamis (18/5/2023).

Baca juga: Resmi, Ini Jadwal dan Link Pendaftaran SIMAK UI Kelas Internasional dan PPKB

Berhasil diterima di FKEP Unpad, Rohman meyakinkan orang tuanya bahwa seluruh biaya kuliahnya ditanggung pemerintah melalui Bidikmisi. “Orang tua sempat nanya. Pas sudah dijelaskan bahwa dapat beasiswa Bidikmisi, (mereka) jadi sudah tenang,” imbuhnya.

Di tahun pertama, Rohman wajib tinggal di asrama. Ia tidak menemukan kendala berarti selama tinggal di asrama. Hal ini disebabkan, saat mengenyam studi di SMA, ia sudah tinggal di asrama dan sudah terbiasa jauh dari orang tua. “Jadi saat itu sudah terbayang bahwa tinggal di asrama kurang lebih akan sama seperti di SMA,” imbuhnya.

Lebih lanjut Rohman menuturkan, meski program asrama berlangsung selama setahun, ia berhasil memperoleh beasiswa lainnya. Di tahun kedua, ia berhasil memperoleh beasiswa Asrama Beastudi Etos selama dua tahun, serta beasiswa pembimbing mahasiswa Bidikmisi untuk satu tahun.

Total, selama empat tahun, ia tinggal di asrama tanpa dipungut biaya. Dengan tinggal di asrama, Rohman banyak bertemu dengan teman-teman di luar fakultasnya, sehingga memperluas relasinya. Selain itu, ada banyak program pembinaan yang dijalaninya sebagai penerima Bidikmisi.

Hal ini bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan nonteknisnya. Lulus sebagai Sarjana pada 2021, Rohman langsung melanjutkan studi ke tahap Profesi Ners Fkep Unpad selama dua tahun dengan tetap menerima bantuan program Bidikmisi.

Menyukai Keperawatan Komunitas dan Jiwa

Saat awal kuliah Sarjana, Rohman sempat tidak terlalu fokus berkuliah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)