265 Calon Mahasiswa Baru ITERA Jalus SNBP 2023 Raih KIP Kuliah

Jum'at, 19 Mei 2023 - 13:40 WIB
loading...
265 Calon Mahasiswa Baru ITERA Jalus SNBP 2023 Raih KIP Kuliah
265 calon mahasiswa baru ITERA jalur SNBP raih beasiswa KIP Kuliah. Foto/Dok/ITERA.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 265 calon mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) yang diterima melalui SNBP dinyatakan lulus menerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah ( KIP-Kuliah ). Jumlah penerima beasiswa KIP-Kuliah adalah para calon mahasiswa baru yang berhasil lulus seleksi dari 702 pendaftar.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITERA Prof. Dr. Eng. Khairurrijal mengatakan, penerima KIP-Kuliah jalur penerimaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) ITERA tahun ini sekitar 13% dari peserta yang dinyatakan lolos SNBP.

Prof. Khairurrijal menyebut, hal tersebut menjadi upaya ITERA memberikan akses pendidikan tinggi seluas-luasnya kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Baca juga: Anak Petani dan Penjahit Ini Wujudkan Mimpi Jadi Dokter Melalui Bidikmisi di Unsoed

Lebih lanjut, Prof. Khairurrijal menyampaikan, dalam tahap seleksi penerima beasiswa KIP-Kuliah, kriteria utama atau prioritas ITERA adalah para calon mahasiswa yang memiliki KIP selama menempuh pendidikan SMA.

Kemudian terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang terdiri dari Desil 1 – 3, serta menjadi penilaian lebih apabila berasal dari yayasan panti asuhan.

“Kepada para penerima beasiswa KIP-Kuliah, selanjutnya kami persilakan untuk mengikuti verifikasi berkas sesuai jadwal, untuk mendukung pengecekan data, sehingga data yang kami tetapkan akan semakin valid,” katanya, dikutip dari laman ITERA, Jumat (19/5/2023).

Dia juga menyampaikan, berdasarkan hasil diskusi antarkampus seluruh Indonesia bersama Badan Pengelola Pemberi Beasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), akan ada dua skema pemberian beasiswa KIP-Kuliah di setiap kampus.

Baca juga: 8 Siswa MANPK MAN 1 Yogyakarta Raih Beasiswa Unggulan Perguruan Tinggi Favorit

Skema pertama adalah dengan pemberian beasiswa penuh, yaitu biaya UKT dan biaya hidup, dan skema ke dua yaitu menerima beasiswa UKT saja tanpa biaya hidup.

Khusus ITERA, dia menyampaikan, kuota yang diterima saat ini baru KIP-Kuliah skema pertama sebanyak 350 penerima, yang akan diakomodir melalui jalur SNBP, dan SNBT. Sementara kuota penerima KIP-Kuliah skema kedua masih menunggu dari pusat.

Untuk itu, dia memastikan kuota KIP-Kuliah ITERA secara keseluruhan, tahun ini masih akan bertambah, sehingga dapat dimanfaatkan oleh para calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk tetap dapat mengakses pendidikan tinggi di ITERA.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2585 seconds (0.1#10.140)