Ini yang Harus Dipersiapkan untuk Kuliah S2, Simak ulasan Lengkapnya!

Senin, 22 Mei 2023 - 15:17 WIB
loading...
Ini yang Harus Dipersiapkan untuk Kuliah S2, Simak ulasan Lengkapnya!
Terdapat sejumlah hal yang harus dipersiapkan untuk melanjutkan kuliah S2. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah hal yang harus dipersiapkan untuk melanjutkan kuliah S2 . Kuliah S2 jadi salah satu opsi yang dapat dipilih bagi para sarjana untuk mendapatkan karier lebih mapan ke depannya.

Pada dasarnya persaingan dunia kerja S2 di Indonesia tidak seketat S1. Hal itu membuat banyak orang memilih untuk melanjutkan pendidikannya sampai meraih gelar magister.

Namun sebelum melanjutkan kuliah S2 sebaiknya para sarjana mengetahui beberapa hal yang nantinya dapat menjadi bekal dalam menjalani perkuliahan.


Persiapan menuju Kuliah S2

Terdapat sejumlah persiapan sebelum mendaftarkan diri untuk kuliah S2. Mulai dari persiapan mental, tujuan, maupun biaya yang sekiranya akan dikeluarkan.

1. Menyiapkan Motivasi dan Mental

Motivasi untuk lanjut kuliah S2 jangan hanya karena terpengaruh teman atau sebagai pelarian karena sulit mendapat pekerjaan. Namun harus benar-benar untuk mencari ilmu. Supaya ilmu yang didapat nanti akan dapat bermanfaat.

Mengasah mental juga diperlukan untuk kuliah S2, karena nantinya kalian akan bertemu dengan orang-orang cerdas. Kuatkanlah mental supaya tidak minder menghadapi mereka nantinya.

2. Menentukan Tujuan

Tentukanlah tujuan kuliah S2, apakah itu untuk mengincar sebuah profesi atau menimba ilmu. Karena tanpa tujuan yang jelas, seseorang nantinya akan kesulitan dalam menjalani proses perkuliahan.

3. Melakukan Riset Universitas

Lakukanlah riset terlebih dahulu untuk menentukan tujuan jurusan yang dipilih. Baik itu kampus yang berada di luar negeri atau dalam negeri. Selain melakukan riset mandiri, seseorang juga perlu berdiskusi pada seseorang yang sedang atau telah menempuh pendidikan S2.


4. Persiapan Kemampuan Bahasa Inggris

Asahlah kemampuan bahasa Inggris, dan ikutilah beberapa tes seperti TOEFL, TOEIC atau IELTS. Karena untuk masuk S2 diperlukan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan ada pula yang harus menyertakan sertifikat tes. Terlebih bila ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

5. Menyiapkan diri Untuk Tes Akademik

Selain mengasah kemampuan bahasa Inggris, para sarjana juga harus mengasah kemampuan akademik karena akan ada ujian berupa tes matematika, psikologi, logika, hingga pengetahuan umum untuk mendaftar S2.

6. Perbanyak Membaca Jurnal

Perluas wawasan dan tingkatkan kemampuan analisis dengan banyak membaca jurnal ilmiah yang berkaitan dengan jurusan yang sebelumnya telah diambil maupun program studi yang nantinya akan diambil.

7. Persiapkan Biaya

Biaya kuliah S2 tidaklah murah, sehingga harus punya kemampuan ekonomi yang mumpuni untuk menjalaninya. Belum lagi bila ditambah dengan biaya perjalanan, kehidupan sehari-hari dan kos.

Namun jika mendapat beasiswa, maka biaya ini tidak terlalu menjadi beban. Terlebih bila mendapat beasiswa yang tidak hanya meringankan biaya kuliah namun juga mendapat uang saku.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)