Kisah Haru di Unej, Adik Wakili Wisuda Kakak Perempuannya yang Meninggal karena Sakit

Rabu, 24 Mei 2023 - 05:45 WIB
loading...
Kisah Haru di Unej, Adik Wakili Wisuda Kakak Perempuannya yang Meninggal karena Sakit
Suasana penuh haru di wisuda periode VII Universitas Jember. Foto/Unej.
A A A
JAKARTA - Wisuda periode VII Universitas Jember (Unej) kali ini diselimuti keharuan.Pasalnya ada salah satu mahasiswanya yang meninggal karena sakit sehingga wisudanya digantikan oleh adik almarhumah.

Ucapan selamat dan ijazah salah satu wisudawan dari Fakultas Kedokteran (FK) atas nama Larasayu Putri Asyahrie, S.Ked., akhirnya diberikan Rektor dan Dekan FK Universitas Jember kepada sang adik, Senja Kirana Mayang.

Tayangan Foto Almarhum sebagai Bentuk Penghormatan


Kebahagiaan saat wisuda yang biasanya dirayakan berganti ingatan akan duka karena mahasiswa kedokteran kelahiran Banjarmasin itu telah meninggal dunia pada 8 Maret 2023 lalu.

Keharuan makin menyeruak di wisuda yang digelar di Gedung Auditorium Unej, Sabtu (20/5/2023) karena foto-foto almarhumah semasa berkuliah di Kampus Tegalboto ditayangkan sebagai bentuk penghormatan.

Baca juga: Mahasiswa ITS Rancang Jembatan dengan Ketahanan Tinggi terhadap Bencana Alam

Pada momen kali ini, sang ibunda Wiwik Budi Lestari yang turut hadir langsung dari Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pun tak bisa menahan kesedihannya. Dia sempat tak sadarkan diri hingga harus didampingi panitia.

Mahasiswa Berprestasi

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember Ulfa Elfiah mengatakan, almarhumah Larasayu dikenal sebagai mahasiswa berprestasi.

Hal ini dibuktikan dengan hasil skripsi almarhumah yang mendapatkan nilai A dan Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK) mencapai 3,11. Laras juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan.

“Sebenarnya Laras sudah mulai menjalani program pendidikan profesi dokter sembari menunggu wisuda. Namun takdir berkata lain, Laras berpulang ke Rahmatullah akibat sakit," katanya, dikutip dari laman Unej, Rabu (24/5/2023).

"Namun pelajaran yang bisa kita ambil adalah semangat almarhumah yang terus berjuang dan selalu bangkit saat menghadapi tantangan apapun," ucap dekan FK.

Baca juga: 5 PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Syarat Nilai UTBK 2023

Deretan Wisudawan Terbaik Unej

Pada wisuda kali ini, wisudawan berprestasi di jenjang doktoral (S3) diraih Dr. Ir. Henik Prayuginingsih, MP., dari Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian dengan IPK 3,94.

Predikat wisudawan berprestasi di jenjang magister (S2) disandang dua wisudawan, yaitu adalah Arum Hikmatul Afifah, S.Pd., M.Pd., dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP.

Lalu Fradana Putra Disantara, SH., MH., dari Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum. Keduanya mencetak IPK sempurna atau IPK 4,00.

Sementara di jenjang Sarjana (S1), lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian atas nama Natasya Meydi Santoso, SP., dan Intan Hayu Ningrum, S.Pd., dari Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP, sama-sama memiliki IPK 3,99. Keduanyajuga sama-sama menyelesaikan kuliah dalam jangka waktu 3 tahun 5 bulan dan 5 hari.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)