Ini Perbedaan Sarjana Ekonomi dan Sarjana Manajemen, Calon Mahasiswa Jangan Salah Pilih

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:07 WIB
loading...
Ini Perbedaan Sarjana Ekonomi dan Sarjana Manajemen, Calon Mahasiswa Jangan Salah Pilih
Jurusan Ekonomi dan Manajemen. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan ekonomi dan manajemen umumnya berada di lingkup fakultas ekonomi. Meski terkesan mirip, namun sarjana ekonomi dan sarjana manajemen mempunyai beberapa perbedaan.

Penting untuk mengetahui perbedaan sarjana ekonomi dan sarjana manajemen, terutama bagi para calon mahasiswa . Hal ini bertujuan agar calon mahasiswa tidak salah langkah dalam memilih jurusan.



Berikut perbedaan sarjana ekonomi dan sarjana manajemen.


1. Gelar

Setelah merampungkan perkuliahan selama empat tahun, mahasiswa akan mendapat gelar sarjana sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni. Mahasiswa yang mengambil jurusan ekonomi akan mendapat gelar S.E. (Sarjana Ekonomi).

Sementara itu, mahasiswa jurusan manajemen memperoleh gelar S.M. (Sarjana Manajemen). Namun di sejumlah universitas, mahasiswa manajemen mendapat gelar S.E., sama dengan gelar yang diraih sarjana ekonomi.

2. Pembelajaran

Melansir feb.ugm.ac.id, jurusan ekonomi memberikan pemahaman teori ekonomi makro dan mikro kepada para mahasiswanya guna memecahkan masalah ekonomi.



Tak hanya itu, mahasiswa jurusan ekonomi juga dibekali pengetahuan terkait ekonomi pembangunan, ekonomi bisnis, ekonomi moneter, ekonomi publik, serta ekonomi internasional.

Berbeda dengan jurusan ekonomi, jurusan manajemen memberikan mahasiswanya mengenai teori, studi kasus, penerapan keuangan, pemasaran, manajemen strategis, serta sumber daya manusia.

3. Peluang Kerja

Peluang kerja bagi lulusan ekonomi dan manajemen sangat beragam. Lulusan ekonomi dapat bekerja di BUMN, perusahaan swasta, media, pemerintah daerah, lembaga konsultan, serta institusi publik, swasta, dan internasional.

Sedangkan lulusan jurusan manajemen bisa bekerja di perusahaan nasional dan multinasional, perusahaan swasta dan BUMN, start-up, instansi pemerintah. Tak hanya itu, lulusan manajemen dibekali juga kemampuan wirausaha atau konsultan bisnis sehingga bisa berkecimpung di dunia bisnis.

Namun, pada dasarnya lulusan ekonomi dan manajemen sama-sama berpeluang menapaki karier sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

4. Peminat dan Lulusan

Peminat untuk jurusan ekonomi dan manajemen beragam. Misalnya di UI, pada 2022 berdasarkan SNBT (seleksi nasional berdasarkan tes), peminat untuk jurusan ekonomi adalah 726 orang, dengan daya tampung 59.

Sementara, peminat manajemen mencapai 2.316 orang, dengan daya tampung 107. Sedangkan di UGM, peminat jurusan ekonomi pada 2022 sebanyak 633 orang dan daya tampungnya 30. Di sisi lain, peminat jurusan manajemen di UGM mencapai 2.540 orang, dengan daya tampung 45.

Melihat daya tampungnya yang lebih besar, bisa dikatakan bahwa sarjana manajemen jumlahnya lebih banyak dibandingkan sarjana ekonomi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0912 seconds (0.1#10.140)