Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan PWK, Simak Juga Peluang Kerjanya

Jum'at, 26 Mei 2023 - 05:30 WIB
loading...
Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan PWK, Simak Juga Peluang Kerjanya
Perbedaan jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Wilayah Kota (PWK). Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Teknik Sipil dan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) sama-sama di lingkup bidang teknik. Namun ada perbedaan antara keduanya meski prospek kerja luas menanti.

Calon mahasiswa baru yang ingin kuliah jurusan teknik , biasanya lebih familiar dengan jurusan Teknik Sipil dibandingkan PWK atau sebelumnya dikenal dengan Teknik Planologi.

Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki dua jurusan kuliah tersebut. Teknik Sipil berada di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan dan PWK ada di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK).

Dikutip dari laman resmi ITB, berikut ini perbedaan jurusan Teknik Sipil dengan Perencanaan Wilayah dan Kota yang perlu calon mahasiswa ketahui.

Teknik Sipil


Teknologi merancang, membangun, memelihara, dan memperbaiki bangunan adalah ilmu yang akan dipelajari mahasiswa jurusan kuliah Teknik Sipil.

Setiap kalian melintasi jalan raya, kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, bandara, sarana infrastruktur di darat, laut, lepas pantai ada peran Teknik Sipil.

Baca juga: 4 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia, Ini Daftarnya

Merekalah para ahli di balik pembangunan gedung bertingkat, jembatan, bendungan, bendungan, perairan, prasarana produksi, pengeboran minyak lepas pantai, fasilitas pembangkit dan transmisi energi, hingga pembangunan rumah sederhana.

Lulusan Teknik Sipil atau insinyur sipil bertugas merancang struktur bangunan secara lengkap, kemudian mengkomandani tahap konstruksi, mereka juga tetap bertugas pada pemeliharaan dan perbaikan bangunan yang sudah ada.

Saat kuliah, mahasiswa Teknik Sipil di ITB akan banyak mempelajari ilmu terkait ilmu fisika terapan, terutama ilmu mekanika. Kemampuan di bidang matematika juga diperlukan di Teknik Sipil. Kalian juga akan mempelajari aspek manajemen konstruksi.

Prospek Kerja


1. Bidang Pembangunan Infrastruktur

Selain bisa bekerja sebagai konsultan ataupun kontraktor, kalian bisa bekerja sebagai profesional pada bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintah seperti di Kementerian PUPR dan dinas, Bappenas, Bapeda, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)