5 Kampus dengan Jurusan Kuliah Teknik Lingkungan Terbaik, Beserta Akreditasinya

Jum'at, 26 Mei 2023 - 15:04 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Kuliah Teknik Lingkungan Terbaik, Beserta Akreditasinya
Sedikitnya ada lima kampus dengan jurusan kuliah Teknik Lingkungan terbaik di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima kampus dengan jurusan kuliah Teknik Lingkungan terbaik di Indonesia. Lulusan Teknik Lingkungan nantinya dapat bekerja sebagai konsultan lingkungan, peneliti lingkungan, petugas konservasi alam, teknisi konservasi lingkungan, hingga pengajar.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Bandung, Teknik Lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tindakan kuratif dan preventif yang dilakukan untuk penyelamatan lingkungan hidup yang terdiri dari air, tanah, udara, dan kesehatan lingkungan.

Dengan prospek yang bagus dari jurusan ini membuat banyak orang yang tertarik untuk mendalami ilmunya. Saat ini telah banyak universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan kuliah Teknik Lingkungan.


Kampus dengan Jurusan Kuliah Teknik Lingkungan Terbaik

Lima kampus atau universitas ini dapat dikatakan sebagai penyedia jurusan kuliah Teknik Lingkungan terbaik lengkap dengan akreditasinya.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menyediakan jurusan Teknik Lingkungan bagi prodi Sarjana dan Magister. Untuk strata I jurusan Teknik Lingkungan di UI mendapatkan akreditasi Unggul dari BAN PT yang akan berlaku sampai 30 Juni 2024.

Pada jurusan Teknik Lingkungan S1 UI ini juga telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dan Akreditasi Asean University Network (AUN).

Sedangkan untuk Teknik Lingkungan S2 telah mendapat akreditasi Baik dari BAN PT yang akan berlaku sampai 5 Oktober 2016.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS sendiri telah menyediakan prodi Teknik Lingkungan untuk level S1, S2, dan S3. Akreditasi dari BAN PT untuk Teknik Lingkungan S1 adalah Unggul, yang akan berlaku sampai 20 Desember 2027.

Sementara Teknik Lingkungan untuk S2 dan S3 telah mendapat akreditasi A dari BAN PT, yang akan berlaku sampai 1 April 2025, dan 7 Agustus 2024.

3. Institut Teknologi Bandung

Selanjutnya ada ITB yang juga menyediakan prodi Teknik Lingkungan untuk S1, S2, dan S3. Dimana untuk prodi S1 telah terakreditasi Unggul oleh LAM Teknik yang akan berlaku sampai 31 Maret 2028.

Sementara untuk program Magister dan Doktoral telah terakreditasi Unggul oleh BAN PT yang mana akreditasi tersebut akan berlaku sampai 13 Desember 2025, dan 23 April 2024.


4. Universitas Diponegoro

Sementara itu, Undip telah menyediakan prodi Teknik Lingkungan bagi program Sarjana dan Magister. Program S1 Teknik Lingkungan Undip telah mendapat akreditasi Unggul dari BAN PT yang akan berlaku sampai 30 Juni 2024.

Sedangkan untuk program S2 Teknik Lingkungan Undip telah terakreditasi Baik dari BAN PT, yang akan berlaku sampai 5 Oktober 2026.

5. Universitas Andalas

Universitas yang berada di Sumatera Barat ini telah menyediakan jurusan kuliah Teknik Lingkungan untuk program S1 dan S2. Dimana untuk program Sarjana-nya telah mendapat akreditasi Unggul dari BAN PT yang berlaku sampai 30 September 2026.

Selain itu, program Sarjana Teknik Lingkungan di Unand juga telah mendapat Sertifikat Akreditasi Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dan Akreditasi Asean University Network (AUN).

Sedangkan untuk prodi Teknik Lingkungan di jenjang S2 Unand mendapatkan akreditasi B oleh BAN PT yang akan berlaku sampai 20 Agustus 2024.

Selain kelima kampus tersebut, jurusan kuliah Teknik lingkungan juga tersedia di kampus lain seperti, Institut Teknologi Malang, Universitas Bakrie, Universitas Sahid, Universitas Satya Negara, Universitas Trisakti, Universitas Pasundan, Universitas Islam Indonesia, hingga Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)