Mengenal Jurusan Penyajian Musik, Jurusan Kuliah Salma Indonesian Idol 2023

Jum'at, 26 Mei 2023 - 00:51 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Penyajian Musik, Jurusan Kuliah Salma Indonesian Idol 2023
Salah satu mahasiswi yang mengambil Jurusan Penyajian Musik ini adalah Salma Salsabila Aliyyah, yang baru-baru ini menjadi pemenang ajang Indonesian Idol 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan penyajian musik menjadi salah satu jurusan kuliah yang dapat ditekuni oleh para pecinta musik. Jurusan ini mempelajari tentang seni musik dan cara penyajian musik yang baik.

Salah satu mahasiswi yang mengambil jurusan ini adalah Salma Salsabila Aliyyah, yang baru-baru ini menjadi pemenang ajang Indonesian Idol 2023.



Salma merupakan mahasiswi D4 jurusan Penyajian Musik di Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Yogyakarta.

Dilansir dari isi.ac.id, mahasiswa program studi penyajian musik akan mempelajari tentang teori musik, teknik penyajian musik, serta cara mengatur pencahayaan dan tata panggung.

Jurusan Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta menawarkan kurikulum yang lengkap dan memadai untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang musisi yang andal.



Pengetahuan yang dikuasai oleh mahasiswa jurusan ini salah satunya adalah terkait teknik permainan instrumen/vokal mulai dari level dasar hingga level lanjut. Pengetahuan tersebut merupakan penunjang kompetensi penyajian musik yang dimilikinya.

Diketahui, jurusan penyajian musik di ISI merupakan program studi vokasi musik pertama di Indonesia dengan jenjang diploma IV. Pada 2022, peminat jurusan Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta melalui jalur SNBT tercatat 53 orang. Sementara itu, daya tampungnya berjumlah 16.

Namun tak hanya di ISI Yogyakarta, jurusan penyajian musik juga tersedia di beberapa kampus lainnya. Sebut saja di Institut Kesenian Jakarta, Institut Seni Indonesia Padang, Sekolah Tinggi Seni Masuk Bandung, dll.

Prospek lulusan ini juga sangat luas. Selain bisa menjadi musisi, para lulusan jurusan ini juga dapat menjadi guru musik, produser rekaman, penyiar radio, manajer konser, dan kurator musik atau lagu.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7367 seconds (0.1#10.140)