Pendaftaran Seleksi Mandiri Unair Dibuka 29 Mei 2023, Ada Jalur UTBK dan Ujian Tulis

Sabtu, 27 Mei 2023 - 10:33 WIB
loading...
Pendaftaran Seleksi Mandiri Unair Dibuka 29 Mei 2023, Ada Jalur UTBK dan Ujian Tulis
Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) 2023 akan dibuka Senin, 29 Mei 2023. Foto/Dok/Unair.
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga (Unair) akan membuka pendaftaran seleksi mandiri pada 29 Mei 2023. Tersedia 3 jalur yang bisa dipilih calon mahasiswa baru.

Setelah membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Tes (SNBT), maka Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) akan dibuka.

Laman PPMB Unair menyebutkan, jalur SMUA untuk jenjang Sarjana (S1) terbagi atas tiga jalur. Yaitu jalur UTBK dan TKA, Reguler Ujian Tulis, dan SMUA Kemitraan Ujian Tulis.

Bagi kalian yang ingin masuk Unair melalui SMUA atau seleksi mandiri, berikut ini informasi tentang ketiga jalur tersebut berikut jadwal pendaftarannya.

1. Jalur UTBK dan TKA


Unair membuka jalur UTBK dan TKA dengan menyeleksi calon mahasiswa baru dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Unair.

Baca juga: Seleksi Mandiri Unair Dibuka Senin Depan, Berikut Persyaratan dan Cara Daftarnya

Nilai UTBK-SNBT 2023 untuk mendapatkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematika, dan Bahasa Inggris, sedangkan TKA digunakan untuk mendapatkan nilai Saintek atau Soshum (sesuai dengan pilihan kelompok ujian).

Kelompok ujian Saintek terdiri dari Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika, sedangkan kelompok ujian Soshum terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, dan Geografi.

2. Jalur Reguler Ujian Tulis


Kalau jalur ini pesertanya akan diseleksi dengan ujian computer based test (CBT) yang diselenggarakan di kampus Unair Surabaya.

Materi tesnya terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang terdiri dari Saintek atau Soshum.

Materi TPA terdiri dari kemampuan verbal, numerik, dan penalaran. Materi TKA Saintek (kelompok ujian Saintek) terdiri dari Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Sedangkan materi TKA Soshum (kelompok ujian Soshum) terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Bahasa Inggris, dan Matematika.

3. Jalur Kemitraan Ujian Tulis


Jalur ini juga menggunakan tes tulis namun dengan dua persyaratan khusus Mandiri Kemitraan, yaitu:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2421 seconds (0.1#10.140)