UI Gagas Wisata Edukasi Ramah Lingkungan, Ajarkan Pemanfaatan Energi Terbarukan

Minggu, 28 Mei 2023 - 00:05 WIB
loading...
UI Gagas Wisata Edukasi Ramah Lingkungan, Ajarkan Pemanfaatan Energi Terbarukan
Pengmas FTUI melalui Dosen Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL) FTUI Cindy Rianti Priadi menggagas Wisata Edukasi Ramah Lingkungan. Foto/Dok/FTUI
A A A
JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI ) melalui Dosen Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL) FTUI Cindy Rianti Priadi menggagas Wisata Edukasi Ramah Lingkungan.

Menurut Cindy, ide tersebut terbentuk dikarenakan adanya pengelolaan sampah yang buruk sehingga berpotensi pada perubahan iklim.



Cindy menambahkan, wisata tersebut pertama kali diselenggarakan di lingkungan Laboratorium Parangtopo Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI, pada awal tahun 2023. Serta, akan berlanjut secara berkesinambungan.

“Kami merasa perlu adanya edukasi sejak dini untuk memicu perubahan perilaku. MI Taufiqurrahman kami jadikan sasaran pengmas kali ini karena merupakan sekolah percontohan di Depok yang telah mengintegrasikan muatan pendidikan karakter melalui pembelajaran pengelolaan sampah," ujar Cindy dalam keterangannya, Sabtu (27/5/2023).

Cindy menambahkan, kontribusi pengelolaan sampah yang tidak optimal terhadap gas rumah kaca mencapai 14 persen secara global, setelah kendaraan bermotor.



"Wisata edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya mitigasi perubahan iklim melalui pengelolaan sampah menjadi energi serta pemanfaatan teknologi energi terbarukan sejak dini,” imbuhnya.

Kegiatan wisata edukasi ini, lanjut Cindy, juga menghadirkan dosen dan mahasiswa FTUI sebagai pemberi materi. Kegiatan diawali dengan pengenalan materi mengenai jenis sampah dan teknologi pengolahan berbagai jenis sampah.

Materi dipresentasikan oleh Dosen Teknik Lingkungan FTUI, Ayik Abdillah yang berpengalaman di bidang anaerobik digester.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)